Legislator Harapkan Warga Pendatang Lengkapi Identitas Diri

Metro Bali
single-image

Widjera (2)

Denpasar (Metrobali.com)-

Wakil Ketua Komisi I DPRD Bali Gusti Putu Widjera meminta aparat pemerintah mengawasi arus balik mudik ke Pulau Dewata, agar warga pendatang melengkapi identitas diri dan melengkapi surat tujuan mereka bekerja.

“Kami harapkan aparat pemerintah mulai dari pemerintah daerah hingga aparat banjar (dusun) atau lingkungan melakukan pendataan pendatang baru secara selektif pasca-lebaran tahun ini,” katanya di Denpasar, Kamis (31/7).

Ia mengatakan Pulau Dewata yang memiliki peluang kerja sebagai pendukung sektor pariwisata cukup banyak, karena itu kepada warga pendatang agar dilakukan pendataan identitas penduduk, sebagai upaya menjaga ketertiban dan keamanan.

“Siapa saja berhak datang ke Bali asalkan memiliki keterampilan yang memadai sesuai dengan peluang kerja yang ada. Tetapi jika hanya mencoba-coba mengadu nasib mencari pekerjaan di Pulau Dewata, lebih baik mereka mengurungkan niatnya ke Bali,” ucap politikus Partai Demokrat itu.

Ia mengharapkan warga pendatang yang mau bekerja di Bali agar mengikuti ketentuan administrasi yang telah ditetapkan oleh daerah, sehingga keamanan dan kedamaian tetap terjaga.

“Kami berharap aparat di desa ataupun di banjar setempat agar kembali melakukan pendataan kepada para pendatang pasca-lebaran ini, sehingga data warga menjadi lengkap dan valid,” katanya.

Widjera menambahkan bagi warga yang memiliki rumah kontrakan atau kos-kosan agar menyerahkan data penghuninya kepada kepala lingkungan atau ketua banjar setempat, sehingga data penduduk lebih valid.

“Ketertiban dan kedamaian akan terwujud jika semua warga menaati aturan administrasi, karena itu siapa pun yang memasuki atau bertempat tinggal dari luar wilayah agar melaporkan diri ke kepala lingkungan setempat,” katanya. AN-MBĀ 

Bagikan :
Baca Juga :
Penampilan Joged Kuwum Marga di Arena PKB Sangat Atraktif

Leave a Comment

Your email address will not be published.