Komang Sanjaya : Digitalisasi Pemasaran Produk Pertanian dan UMKM Mutlak Diperlukan

Metro Bali
single-image

Wakil Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM.

Tabanan (Metrobali.com) –

 

Masih belum banyak pelaku UMKM di Tabanan Bali yang memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya. Hal itu dikarenakan, masih banyak pelaku UMKM yang belum melek teknologi.

Padahal saat ini, sudah cukup banyak pelaku UMKM yang berpotensi masuk pasar ekspor. Sayangnya, pelaku UMKM ini terkendala ketika bersaing di pasar internasional dikarenakan tata kelola pemasarannya masih belum sepenuhnya menggunakan digitalisasi marketing yang mumpuni.

Dari sisi produksi, kapasitas produksi, kualitas produk yang terbatas, dan tidak kontinyu, menyebabkan UMKM kesulitan dalam memenuhi permintaan pasar ekspor. Sementara dari sisi regulasi, UMKM memiliki keterbatasan dalam melakukan ekspor karena belum memiliki legalitas usaha, belum mampu mengurus izin ekspor, bahkan belum memiliki izin produk yang disesuaikan dengan regulasi di negara tujuan ekspor.

“Hal inilah yang menjadi fokus Kedepan dalam mengembangkan hasil-hasil UMKM dan sektor pertanian di Tabanan,” kata Wakil Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM. Kepada Metrobali.com di Tabanan, Senin (14/7/2020).

Hal ini untuk menjawab tantangan untuk meningkatkan perekonomian Kabupaten Tabanan terutama di sektor pertanian dan UMKM di era tatanan kehidupan baru diera pandemi Covid-19.

“Seyogyanya kita harus mendayagunakan hasil-hasil pertanian agar memiliki nilai tambah, contohnya seperti buah kelapa bisa dimaksimalkan hasilnya menjadi virgin coconut oil (VCO) yang lebih tinggi nilai harganya di pasaran,” terang Sanjaya.

Demikian pula halnya dengan produk Kopi asal Pupuan yang kualitasnya sangat tinggi tersebut bisa di-branding lebih gencar lagi untuk memenuhi pasar ekspor.

“Atau biarkanlah para petani maupun UMKM tetap mengelola hasil produksinya seperti biasa, namun nantinya kita bantu genjot pemasarannya secara lebih baik agar mereka lebih sejahtera dan Berdikari artinya berdiri di atas kaki sendiri,” tutur pengagum ajaran Bung Karno ini.

Baca Juga :
Ini Harapan Seniman Jika Koster-Ace Memimpin Bali

KabupatenTabanan dianugerahi potensi sumber daya alam yang lengkap, “Cuma Tabanan yang memiliki gunung, laut dan danau, tinggal kini meningkatkan kualitas dan potensi sumber daya manusia untuk menapaki tatanan kehidupan baru menuju Tabanan BERSATU,” pungkasnya.

 

Pewarta : Hidayat

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.