Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ketegangan Meningkat Saat FIFA Persiapkan Undian Piala Dunia 2014

Bagus
single-image

Costa do Sauipe, Brazil (Metrobali.com) –

FIFA, Selasa (3/12), memulai penghitungan mundur acara pengundian grup Piala Dunia 2014 –yang akan dilaksanakan pada Jumat (6/12)– tetapi badan sepak bola dunia itu membuat setiap orang dalam ketegangan dengan mengatakan pihaknya hanya akan mengungkapkan komposisi dari “pot-pot” undian pada hari itu juga.

Pengundian grup Piala Dunia akan dilakukan di satu resor Brazil Timurlaut, Costa do Sauipe, yang terletak kira-kira 70 kilometer sebelah utara kota Salvador, satu dari 12 arena pertandingan bagi putaran final Piala Dunia tahun depan.

Salvador adalah salah satu kota tuan rumah bagi Piala Konfederasi yang digelar Juni lalu yang dijadikan sebagai ajang gladi resik Piala Dunia, dan merupakan satu dari beberapa tempat untuk menyaksikan merebaknya aksi-aksi protes keras yang terkadang ditujukan terhadap korupsi pemerintah tetapi juga sering untuk memprotes anggaran yang besar, kira-kira 11 miliar, bagi penyelenggaraan event bergengsi itu.

Sementara itu, FIFA hingga kini tetap menyembunyikan mekanisme yang pasti dari pengundian tersebut tetapi 32 negara peserta Piala Dunia akan diundi menjadi delapan grup yang masing-masing terdiri dari empat tim, dan setiap grup memiliki satu tim unggulan.

Pada hari pengundian Jumat (6/12), tim-tim unggulan itu ditempatkan dalam pot (kelompok) satu yang terdiri atas tuan rumah Brazil, juara bertahan Spanyol, Argentina, Kolombia, Uruguay, Jerman, Belgia dan Swiss.

Pot dua untuk sementara ini berisi tujuh, termasuk kontingen Afrika dengan lima-kekuatannya, dan pot tiga terdiri atas, antara lain, Amerika Serikat, Australia dan Jepang.

Pot empat terdiri atas sembilan tim Eropa bukan-unggulan, yang salah satunya nantinya akan dimasukkan ke dalam pot dua.

Unggulan berdasarkan peringkat FIFA mendasarkan penetapan tim unggulan itu atas peringkat mereka pada 17 Oktober, sebelum laga playoff dimulai.

Baca Juga :
Pesan Gubernur Bali Untuk Para Pemudik: Utamakan Keselamatan

Berikut 32 tim peserta Piala Dunia 2014 menjelang pengundian grup pada Jumat mendatang: Pot 1 (tim unggulan): Brazil, Argentina, Kolombia, Uruguay, Spanyol, Jerman, Belgia, Swiss.

Pot 2: Chile, Ekuador, Pantai Gading, Ghana, Aljazair, Nigeria, Kamerun.

Pot 3: AS, Meksiko, Kosta Rika, Honduras, Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia.

Pot 4: Belanda, Italia, Inggris, Portugal, Yunani, Bosnia, Kroasia, Rusia, Prancis. (Ant/AFP)

 

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.