Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Karya Tawur Balik Sumpah di Pura Penataran Bukit Bongkasa, Wabup Suiasa serahkan Hibah 1,5 M

Metro Bali
single-image

Keterangan foto: Wabup Suiasa disaat menghadiri Karya Agung Memungkah, Ngenteg Linggih, Mapadudusan Agung lan Tawur Balik Sumpah Banjar Pengembungan Bongkasa, Selasa (12/3) lalu/MB

Mangupura, (Metrobali.com) –

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri Karya Agung Memungkah, Ngenteg Linggih, Mapadudusan Agung, lan Tawur Balik Sumpah ring Pura Penataran Bukit Banjar Pengembungan Sari Bongkasa, Selasa (12/3) lalu. Karya ini dipuput oleh tiga Sulinggih yaitu Ida Pedanda Gede Giri Dwija Guna dari Griya Giri Sari Mengenjung Angantaka, Ida Pedanda Gede Jelantik Saking Griya Buda Banjar Jadi tabanan, Ida Pedanda Gede Giri Purna Sandi Saking Griya Kemenuh Purnawati Kalibalang Marga. Hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Badung Ida Bagus Made Sunartha, Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Suryajaya Serta Unsur Tripika Kecamatana Abiansemal, Perbekel Desa Bongkasa I Ketut Luki, Penglingsir Griya Gede Bongkasa, Penglinsir Puri Banyuning, Bendesa Adat Bongkasa I Wayan Wirta, serta Tokoh masyarakat setempat.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa sangat mengapresiasi pelaksanaan Karya Agung di Pura Penataran Bukit Banjar Pengembungan Bongkasa. Wabup Suiasa juga memberi bantuan dana Hibah kegiatan sebesar Rp 1,5 miliar, dimana bantuan ini diberikan sesuai dengan permohonan dari masyarakat Banjar pengembungan, untuk mendukung kegiatan keagamaan, serta mendorong eksistensi Keagamaan.”Pemkab Badung sangat berkomitmen untuk menjaga dan melestariakan Seni, Adat, Agama dan Budaya di Badung. Untuk itu Pemerintah senantiasa berada ditengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban dari masyarakat. terutamanya dalam kegiatan upacara piodalan ini,” ujar Wabup Suiasa.

Wabup Suiasa juga menghimbau kepada Masyarakat Pengembungan dengan diadakannya upacara besar ini berarti masyarakat sudah bisa menjalankan Pawongan karena masyarakat sudah raket rumaket, Segilik, seguluk, Selunglung, Sebayantaka dan supaya masyarakat bisa tetap bersatu, rukun menjalankan kewajiban yang ada dimasyarakat itu sendiri nemu Gemah, Ripah, loh Jinawi. “Pemkab Badung selalu siap dan Komit membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan Pribadi maupun Komunal masyarakat itu sendiri, agar masyarakat tidak terlalu dibebani dalam melaksanakan upacara besar seperti ini,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Karya I Gst Agung Gede Agung Sanjaya, mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Bapal Wakil Bupati Badung serta undangan yang lain, karya ini dilaksanakan karena sudah hampir 60 tahun belum pernah melaksanakan upacara besar seperti ini dan juga terlaksananya upacara ini serangkaian Pembangunan di Pura sudah rampung berkat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Badung. Dalam pelaksanaan karya ini untuk biaya menghabiskan kurang lebih sekitar Rp 2.500.000.000,- dan dana punia dari masyarakat kurang lebih Rp 300.000.000,- dan Punia dari Anggota DPRD Badung Ida Bagus Made Sunartha sebesar 15 Juta , Tokoh Masyarakat I Bagus Alit Sucipta sebesar Rp 7,5 Juta.

Sumber: Humas Pemkab Badung

</a

Leave a Comment

Your email address will not be published.

</a
</a