Karangasem Kandidat Penerima Penghargaan 1 M Pohon

Metro Bali
single-image

Karangasem  (Metrobali.com)-

Tim Penilai Penanaman 1 milyar pohon tahun 2011 tingkat  nasional  (21/9) melakukan kunjungan dan penilaian terhadap Kabupaten Karangasem yang mewakili Provinsi Bali dalam lomba dimaksud yang mengajukan Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH., sebagai kandidatnya. Fakta lapangan termasuk data dan dokumentasi kegiatan dievaluasi tim yang dipimpin Suhardiyono Direktorat Bina Pengellaan Daerah Aliran Sungai Pusat dan Sukirman dari Direktorat BIna Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RLH).

Kadis Kehutanan dan Perkebunan I Ketut Mudita, SP, M.Agr., mengatakan, dewasa ini masalah lingkungan menjadi perhatian semua pihak mengingat kerusakan lingkungan akibat bencana alam dapat mengancam generasi mendatang. Untuk itu perlu di bangun kesadaran masyarakat khususnya faktor kerusakan alam yang disebabkan manusia itu sendiri.

Pelaksanaan aksi sosial penghijauan yang dilakukan bekerjasama dengan  lembaga BUMN hendaknya terus ditingkatkan dalam mendukung misi konservasi alam di  Kabupaten Karangasem, guna menciptakan taraf kesuburan lahan kering dapat diberdayakan sebagai sumber kehidupan dan penghidupan. Upaya penghijauan di wilayah Kabupaten Karangasem bakal terus berlanjut mengingat selama ini kegiatan tersebut sudah menunjukkan hasil yang signifikan, ditandai dilampauinya target penghijauan dalam lima tahun pertama dan target tahun 2010 sekitar 2000 Ha juga dilampaui hingga 4.500 Ha atau berhasil menanam sekitar 2.200.000 pohon.

Wabup I Made Sukerana, SH., mengatakan, Gerakan penanaman 1 milyar pohon ini,  untuk mengurangi dampak global warming guna menciptakan  keseimbangan alam. Daerah Kubu dipilih karena memiliki lahan yang masih luas dan animo masyarakat sangat tinggi untuk memmanfaatkan sejengkal tanahnya untuk ditanami pohon. Masyarakat Kubu sudah mulai melirik dan memanfaatkan peluang, bahwa investasi dengan penanaman pohon dapat memberikan efek ganda. Di satu sisi tercipta iklim yang kondusif dan di sisi lain dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan nilai jual kayu nantinya dan pemanfaatan daun tanaman sebagai pakan ternak.

Baca Juga :
Tolong!!! Warga Tegal Jambangan Sayan Jadi Korban Mafia Tanah, Pemda dan Penegak Hukum Masuk Angin?

Total penanaman di Kabupaten Karangasem  pada tahun ini adalah 2.652.000 pohon dengan luas areal lahan yang ditanami seluas 6.630 ha dengan anggapan per-hektar tanaman sebanyak 400 pohon. Tim melakukan kunjungan untuk penajaman lapangan antara lain ke Seraya, Ujung dan Pembibitan di UPTD Karangasem serta memeriksa berbagai data, dokumen dan menyaksikan presentasi keberhasilan penanaman satu milyar pohon di Kabupaten Karangasem.  Andi-MB

 

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.