Kadin : SDM Handal Majukan Perekonomian Indonesia Secara Global

Metro Bali

Denpasar (Metrobali.com)-

Ketua Dewan Penasehat Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Bali Jaya Susila mengatakan dengan adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dapat memajukan perekonomian Indonesia dalam persaingan global.

“Apabila struktur perekonomian kita kuat dalam hal SDM, maka Indonesia mampu mengikuti persaingan global,” ujar Jaya Susila, saat dihubungi di Denpasar, Sabtu (20/12).

Kemudian, faktor yang sangat memperkuat perekonomian Indonesia dalam persaingan global yakni harus memiliki tenaga kerja yang handal, sistem birokrasi yang bersih, dan pemerintah yang mendukung perekonomian kerakyatan.

Apabila pemerintah melakukan hal tersebut, maka diyakini perekonomian Indonesia mampu bersaing secara global.

“Saat ini tenaga kerja kita harus siap bersaing dengan orang luar sehingga Indonesia tidak lagi menjadi negara konsumtif,” ujarnya.

Selain itu, para generasi muda kita yang memiliki SDM yang handal harus berani berwirausaha sehingga Indonesia tidak dipandang senelah mata oleh negara luar.

Dengan adanya SDM yang berkualitas dalam hal industri, kata dia, nilai dan hasil produk yang dibuat di dalam negeri dapat bersaing dengan barang dari luar.

Namun, apabila sebaliknya akan berpengaruh pada nilai ekspor yang kurang bersaing dengan produk luar.

“Upaya meningkatkan SDM ini hendaknya menjadi prioritas utama pemerintah dalam meningkatkan perekonomian Indonesia,” ujarnya. AN-MB 

activate javascript

Bagikan :
Baca Juga :
Gelar Doa Bersama, Engeline 'Hadir' ke Sekolah

Leave a Comment

Your email address will not be published.