Kabupaten Badung Rancang MOU Tunas Integritas Pencegahan Korupsi dengan KPK

Metro Bali
single-image
Bawa Temaja2
Mangupura (Metrobali.com)-

Komisi pembrantasan Korupsi (KPK) telah memilih Kabupaten Badung sebagai salah satu Kabupaten/Kota se Indonesia,  selain Kota Surabaya yang dipilih sebagai Piloting pembentukan Tunas Integritas Pencegahan Korupsi Nasional.  Kabupaten Badung dijadikan sebagai  zona anti korupsi yang diawali dengan pemberian pembelajaran dan work shop kepada para pimpinan SKPD termasuk pejabat eselon III yang wajib melakukan  pengisian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).
Penilaian dan kejujuran dalam pengisian LHPKN ini akan menjadi embrio untuk membentuk Tunas Integritas pencegahan Korupsi di Kabupaten Badung. oleh karenanya Kabupaten Badung dijadikan Piloting KPK, sebagai Kabupaten percontohan dalam mencegah Korupsi melalui  pembentukan tunas integritas, dalam rangka pencegahan korupsi. Demikian diungkapkan oleh Inspektur Kabupaten Badung Wisnu Bawa Temaja Minggu (22/6) tadi pagi.
Menurut Wisnu  Bawa Temaja saat ini Pemkab Badung terus berbenah guna  mewujudkan performa Kabupaten Badung lebih baik terutama dalam pelaksanaan kepatuhan dan komitmen menerapkan sistem pengendalian intern instansi pemerintah. Dan dalam upaya mewujudkannya kini pemkab Badung juga tengah mempersiapkan sinergi ,koordinasi dan supervisi pencegahan dengan komisi pembrantasan Korupsi (KPK) dalam rangka peningkatan peran serta aparat pengawas internal pemerintah (APIP) melalui instrumen laporan harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). bahkan kedepan agar kepatuhan Pegawai atau pejabat dalam memenuhi ketentuan dalam pengisian Laporan Harta kekayaan penyelenggara negara ini dapat menjadi salah satu penilaian dalam melakukan pengisian jabatan atau mutasi.
lebih lanjut Inspektur kabupaten badung Wisnu Bawa Temaja mengatakan bahwa dalam rangka menindaklanjuti perintah Bupati Badung dalam upaya pembentukan tunas integritas anti korupsi tersebut hari ini Senin (23/6) pihaknya akan merancang MOU dengan KPK, dalam pertemuan sebelumnya yakni pada saat pembelajaran pengisian LHKPN oleh KPK bersama segenap pimpinan SKPD Kabupaten badung dari Tanggal 9 samapi 10 juni lalu serta dilanjutkan dengan work shop dengan dinas pendidikan yang akan dilaksanakan dari tanggal 25 hingga 26 juni mendatang kini pihakanya akan menidaklanjuti pembuatan kerjasama dalam pembentukan Tunas Integritas pencegahan korupsi di kabupaten Badung” ujarnya.
lebih lanjut wisnu juga menekankan bahwa dalam upaya mewujudkan tata kelola keuangan daerah pemkab badung juga telah mendapat pendampingan serta bekerja sama dengan BPKP dalam upaya pelaksanaan kepatuhan terhadap APIP serta Sistem pnegendalaian Interna Instansi pemerintah dalam mewujudkan Tata kelola keuangan daerah yang efektif, efisien dan akuntabel. RED-MB
Bagikan :
Baca Juga :
Dinyatakan Hilang, Subadi Ditemukan Jadi Mayat

Leave a Comment

Your email address will not be published.