Jokowi : Anak Papua Bisa Kerja Dimana Saja

Metro Bali
single-image

jokowi 3

Jayapura (Metrobali.com)- Calon Presiden Indonesia, Ir Joko Widodo mengatakan sudah saatnya anak-anak Papua mendapatkan kesempatan untuk bekerja dan berkarir di mana saja di Tanah Air.

“Di Yogyakarta, saya sempat bertemu dengan anak-anak Papua yang sedang kuliah S2 dan S3. Melihat itu tidak perlu diragukan lagi, hanya peluang dan kesempatan itu yang harus diberikan,” kata Jokowi saat memberikan sambutan di salah satu restauran di Kampung Yoka, Kota Jayapura, Papua, Kamis (5/6).

Jokowi sapaan akrab Joko Widodo dalam sambutannya itu mengenakan kemeja merah bermotif kotak-kotak seperti saat kampanye pemilihan Gubernur DKI Jakarta beberapa waktu lalu itu juga memuji sumber daya alam Papua.

“Sumber daya alam Papua begitu luar biasa, ini harus dikelola dengan baik dan benar. Tentunya ini harus dilakukan oleh anak-anak Papua sendiri,” katanya.

Anak-anak Papua, menurut mantan Wali Kota Solo itu sudah saatnya bekerja untuk memajukan roda perekonomian dan pembangunan lewat pengelolaan sumber daya alam dengan bijak. “Dalam pengelolaan sumber daya alam bisa dengan merangkul rekan kerja atau partner. Dengan membuat tempat produksinya di Papua,” katanya.

Dengan begitu, lapangan kerja akan terbuka dan menyerap pekerja yang banyak serta memiliki nilai tambah bagi masyarakat setempat dengan berputarnya uang di Papua. “Kita punya sawit di sini, maka pabrik sabun, pabrik margarin, pabrik kosmetiknya juga harus ada di sini, sehingga uangnya banyak beredar di sini,” katanya.

Hal lainnya, Jokowi yang datang ke Kota Jayapura bersama istrinya Iriana itu mengatakan pembangunan pabrik smelter di Papua sudah seharusnya dilakukan. “Sudah saatnya pabrik smelter ada di Papua, ini juga bisa serap tenaga kerja, ada nilai tambah, saya kira memang harus dipaksakan. Apa lagi saya dengar di Papua harga semen bisa capai Rp1 juta/sak, ini harus dipikirkan,” katanya.

Untuk mengatasi kemahalan itu, kata Jokowi, infrastruktur transportasi harus dibenahi. “Jadi kalau ada tol laut, jalur kereta api dan transportasi lainnya terintegrasi dengan baik maka ini bisa ditekan,” katanya.

Setelah memberikan sambutan dihadapan ratusan pendukungnya dan kader partai pengusung serta tokoh adat, masyarakat, perempuan, pemuda dan tokoh agama. Jokowi makan siang bersama ketua umum PDIP Hj. Megawati.

Tampak hadir sejumlah pimpinan partai pendukung di antaranya ketua PDIP Provinsi Papua Komarudin Watubun, Ketua Partai NaSdem Papua, Mathius Awaitouw, ketua Partai Hanura Papua Yan Mandenas, ketua partai PKB HOUR Triwibowo dan ketua partai PKPI Ramses Wally.

Selain itu, Ketua Lembaga Masyarakat Adat Provinsi Papua Lenis Kogoya, Ketua Sindode GKI di Tanaj Papua Alberth Joku, Jhon Wempi Wetipo ketua PDIP Kabupaten Jayawijaya, ketua FKUB Papua Herman Dsaud S.Th, dan Pendeta Maloali mantan ketua DPRD Papua periode pertama. AN-MB 

Bagikan :
Baca Juga :
Pilkada Buleleng 2017, Dari Dana Rp 40,2 miliar, KPU Buleleng Menyisakan Rp 10,4 miliar

Leave a Comment

Your email address will not be published.