Jaga Kesehatan Jantung, Masyarakat Diminta Aktif Ikuti Kegiatan YJI

Metro Bali
single-image

Senam Jantung Sehat di Renon

Denpasar (Metrobali.com)-

Sampai saat ini penyakit jantung dan pembuluh darah masih menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian dini pada penyakit tidak menular baik di Indonesia maupun di dunia. Beranjak dari hal tersebut, Ny. Ayu Pastika  Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Bali tidak henti-hentinya selalu menghimbau masyarakat untuk selalu rajin berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh  tak terkecuali kesehatan jantung.

Hal ini diungkapkan  Ayu Pastika dalam kesempatan wawancaranya di sela-sela kegiatan HUT YJI ke-33 yang digelar di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon, Denpasar, Minggu (9/11). ” Kami dari YJI mengharapkan masyarakat untuk aktif setiap hari minggu mengikuti kegiatan olahraga  YJI karena dengan senam jantung sehat tidak hanya baik untuk jantung namun juga baik untuk kesehatan tubuh sehingga selain  meningkatkan daya tahan tubuh juga merupakan langkah  mengantisipasi bahaya penyakit jantung”, pesannya.
Ny. Ayu Pastika juga menambahkan bahwa senam jantung yang rutin dilaksanakan setiap hari minggu dipandu oleh instruktur,  hal ini bertujuan agar masyarakat lebih mudah mengikuti. gerakannya .

 Lebih jauh Ny. Ayu Pastika menyampaikan bahwa keberadaan YJI selama 33 tahun, yang dulunya bernama Yayasan Jantung Dewi Sartika telah membantu anak-anak Indonesia  untuk memiliki harapan hidup yang lebih baik. YJI telah mengupayakan baik secara mandiri maupun dalam bentuk kerjasama dengan pihak lain sebagai pelopor gaya hidup sehat dengan misi meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, Ny. Ayu Pastika menambahkan tema yang diusung dalan HUT ke-33 ini yakni “Dengan Lingkungan yang Sehat kita dapatkan Jantung sehat” ini terasa istimewa karena berhasil meraih sertifikasi MURI atas 2 program kesehatan. Sertifikasi ini diberikan kepada anggota klub jantung sehat dan kepada kepala sekolah beserta guru olahraga sekolah dasar atas dukungannya kepada program olahraga lompat tali jantung sehat.

Baca Juga :
BEDO Gelar Diskusi Tata Laksana Ekspor Yang Efektif

Sejalan dengan Ny. Ayu Pastika, Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang berkesempatan hadir juga sangat mengapresiasi keberadaan YJI yang  sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya penceegahan penyakit jantung. “Penyakit jantung masih sangat fatal akibatnya bagi masyarakat Indonesia khususnya di Bali, saya berharap masyarakat selalu menjaga pola hidup serta rajin berolahraga karena lebih baik mencegah sejak dini daripada mengobati”, harapnya.
Ketua Panitia, Prof.Dr.dr I Nyoman Mangku Karmaya, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sampai saat ini YJI telah banyak membantu masyarakat yang mengalami kelainan klep jantung bawaan untuk melakukan operasi tanpa biaya.
Kegiatan ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Gubernur Pastika didampingi Ny. Ayu Pastika , serta senam jantung sehat bersama anggota klub. AD-MB

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.