Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jadikan Wirausaha Muda Mandiri, Bupati Suwirta Motivasi Generasi Muda Klungkung 

Metro Bali
single-image

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta  memberi motivasi kepada para pemuda yang ada di Kabupaten Klungkung untuk menjadi wirausaha muda. Kegiatan ini berlangsung di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Senin (18/11).

Klungkung, (Metrobali.com)

Dengan adanya data penganggur yang masih terasa cukup banyak terutama di kalangan anak muda, maka pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung melaksanakan kegiatan kewirausahaan Pembentukan Wirausaha Mandiri yaitu dalam bentuk memberikan motivasi.

Kegiatan ini dibuka langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta sekaligus memberi motivasi kepada para pemuda yang ada di Kabupaten Klungkung untuk menjadi wirausaha muda. Kegiatan ini berlangsung di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Senin (18/11). Turut Hadir dalam acara tersebut para Asisten, staf hali Bupati dan seluruh OPD dilingkungan Pemkab Klungkung.

Bupati Suwirta mengatakan, Kegiatan ini untuk memberikan dorongan dan semangat kepada calon wirausahawan muda agar berusaha sendiri dengan memanfaatkan potensi dirinya dan potensi SDA di sekitarnya melalui era digital. “Kita memulai mengumpulkan generasi muda terutama yang belum mempunyai pekerjaan dan sudah muali merintis pekerjaan. Agar kedepannya generasi ini percaya diri, bahwa masa depan mereka ada ditangan mereka sendiri,” Ujar Bupati Suwirta

Pihaknya juga menambahkan Pemerintah dalam hal ini bisa menyediakan lapangan pekerjaan dan mendidik mereka mau jadi apa. Melalui inovasi wirausaha kita perkuat kreativitas generasi muda dan masyarakat menuju klungkung yang sejahtera. “Memiliki kecerdasan tidak cukup, tetapi kemauan yang menjadi utama, kecerdasan dan kemauan harus diseimbangkan,” pungkasnya

Pihaknya juga menugaskan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja untuk mendata semua peserta dan dibuatkan database. Pemerintah akan memantau sejauh mana dalam merubah pola fikir mereka dan akan diarahkan sesuai kemampuannya masing-masing.

Baca Juga :
Bea Cukai Validasi 39.000 Data Importir-Eksportir

Sementara itu,  Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Gede Kusumajaya menyampaikan bahwa jumlah pengangguran yang ada di Kabupaten Klungkung tahun terakhir sebanyak 1500 orang. Jumlah ini mengalami fluktuatif dari tahun-tahun sebelumnya.

Data pencari kerja tahun 2018 sebanyak 737 orang yang didominasi pendidikan SLTA sederajat sebesar 50 persen dan yang penempatan ke luar negeri sebanyak 360 orang. Sampai akhir tahun bulan Oktober 2019 data pencari kerja sebanyak 419 orang, juga didominasi pendidikan SLTA dan yang sudah penempatan di luar negeri sebanyak 237 orang. Tahun 2018, baru 4 kelompok atau 55 orang yang diberikan pelatihan atau pembinaan kewirausahaan yang berasal dari masyarakat setengah penganggur dan yang penganggur.

“Jumlah peserta motivasi kewirausahaan sebanyak 100 orang yang berasal dari semua desa dan kelurahan yang ada di Klungkung daratan,” ujar Kusumajaya

Pihaknya juga menambahkan motivasi worausaha muda ini di isi dengan narasumber berasal dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Klungkung dan dari Junior Chamber International (JCI) Denpasar serta pemberian motivasi dari Bupati Klungkung. (humasklk/yande)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.