Jadikan Momentum Hari Pahlawan Semangat Membangun Bangsa

Metro Bali
single-image

Karangasem (Metrobali.com)-

Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2012 dipusatkan di Lapangan Tanah Aron Amlapura dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Karangasem, I Made  Sukerana, SH., dihadiri Ketua DPRD I Gede Dana, Kapolres Karangasem, Dandim 1623 Karangasem, Forum Komunikasi Muspida, Plt. Sekda I Wayan Arthadipa, SH, MH,  seluruh pimpinan dan anggota DPRD, Pimpinan SKPD se Kabupaten Karangasem serta para veteran pejuang Karangasem.

Apel yang diikuti peleton TNI/Polri, Hansip, Korpri, Pelajar, P2M, Mahasiswa, Organisasi Pemuda lainnya,  diawali pembacaan pesan-pesan Pahlawan oleh Kepala Dinas Sosial Drs. I Made Sosiawan dilanjutkan pengibaran bendera merah putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan Pembacaan Teks Pancasila  oleh Irup pembacaan  Pembukaan UUD 45 oleh Kadisos Drs. I Made  Sosiawan.

Menteri Sosial RI DR. Salim Segaf Aljufri, MA., dalam amanat dibacakan  Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, mengatakan,  hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya  adalah  merupakan bangsa yang besar. Pertempuran 10 November, adalah perjuangan heroik bangsa Indonesia  dalam mempertahankan kemerdekaan  negara Republik Indonesia. Semangat perjuangan itu hendaknya dihayati untuk mengisi kemerdekaan sekaligus menjadi momentum meningkatkan kesejahteraan bangsa, guna memerangi kemiskinan, kekerasan, tauran pelajar, serta  meningkatkan olahraga, seni budaya yang menuntut semangat kepahlawan. Cinta tanah air, rela berkorban, pantang menyerah dan suka menolong menjadi sumber inspirasi memacu nilai kepahlawanan memperkokoh negara Republik Indonesia.

Dikatakan, peristiwa 10 Nopember 1945 di Surabaya patut dikenang karena saat itu segenap komponen bangsa bersatu padu melawan penjajah Belanda yang hendak menjajah kembali. Kendati persenjataan musuh lengkap dan modern, namun rakyat tidak gentar menghadapinya dengan bekal semangat pantang menyerah dan percaya pada  kemampuan diri sendiri, maju ke medan pertempuran mempertaruhkan nyawa demi kedaulatan bangsa dan negara. Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan kali ini,  diharapkan rasa kesetiakawanan sosial sebagai anak bangsa dapat tumbuh dan berkembang yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai salah satu modal untuk menyelesaikan masalah bangsa.  ANDI-MB

Baca Juga :
Caleg Perempuan Mampukah Memenuhi Kuota Parlemen ?

 

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.