Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Instalasi Penyulingan Air Laut Akan Dibangun di Nusa Ceningan

Metro Bali
single-image

Klungkung ( Metrobali.com )

Pemerintah Pusat melalui Kementrian PU bekerjasama dengan PDAM Klungkung akan membangun instalasi pengolaan air laut menjadi air tawar atau air minum di Nusa Ceningan. Hal ini dikemukakan oleh Dirut PDAM Klungkung Gede Darsana pada Minggu ( 3/3 ). Diakui Darsana kalau tiga kecamatan di Klungkung daratan sejauh ini sudah mampu ditangani kecukupan air bersihnya. Untuk itu PDAM Klungkung mulai merambah Nusa Penida untuk mendapat penanganan air bersih.

Informasi itu didapat Darsana saat menghadap Kementrian PU bahwa pembangunan instalasi pengolahan air laut menjadi air minum akan dibantu pemerintah pusat. Instalasi ini sendiri menurut Darsana rencananya akan dibagun di Ceningan. Dengan demikian Ceningan dan Lembongan nantinya bisa ditangani soal air bersih. Dipilihnya kawasan ini karena Ceningan dan Lembongan merupakan kawasan Pariwisata. Sehingga penyediaan insfrastruktur tarutama air bersih harus segera dilakukan. Dengan demikian investasi di kedua pulau ini akan lebih cepat dengan dukungan air bersih yang ada. Sebab air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok.

Sementara bantuan pemerintah pusat tersebut akan dilakukan secara bertahap selama lima tahun. Selain pembangunan instalasi juga akan dibantu soal oprasional. “Kalau PDAM sendiri yang menggarap dari awal tentu tidak mampu,” ujarnya. namun dirinya mengaku bersyukur ada kebijakan dari pemerintah pusat terkait bantuan tersebut. Semua biaya pembangunan dan oprasional serta manajeman selama lima tahun akan dibantu pemerintah pusat. PDAM sendiri hanya diminta menyiapkan lahan berupa tanah seluas 20 are.

Darsana mengaku sudah bertemu dengan masyarakat Ceningan soal rencana tersebut. dan mereka diakui sangat menyambut baik rencana tersebut. diakuinya sekarang ini proyek tersebut masih dalam proses administrasi. Dan akhir tahun ini diharapkan sudah mulai digarap.

Baca Juga :
Infrastruktur Asian Games 2018 Bawa Manfaat Jangka Panjang bagi Kemajuan Negeri

Sementara untuk Nusa Gede, diakui Darsana masih akan mengoptimalkan program yang sudah ada, yakni instalasi air Guyangan. Selaian itu kalau dibuat di Nusa Gede lalu airnya dialirkan ke Ceningan dan lembongan diakuinya biayanya sangat mahal. SUS-MB

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.