Inovasi Suwirta Dalam Penataan Kawasan Wates Goa Lawah

Metro Bali
single-image

inovasi suwirta

Klungkung ( Metrobali.com )-

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta ingin melakukan inovasi terhadap beberapa kawasan yang dianggap memiliki potensi wisata di beberapa kawasan di Kabupaten Klungkung. Inovasi Bupati Suwirta tersebut dimulai dan disampaikan dalam rapat koordinasi terhadap beberapa SKPD terkait, jumat(19/9) di Ruang Rapat Bupati.

Kawasan pertama yang ingin ditata oleh Bupati Suwirta yaitu kawasan di pesisir pantai wates sampai pada kawasan goa lawah. Keinginan Bupati Suwirta dalam melakukan penataan ini untuk menjadikan kawasan tersebut menjadi areal publik yang terbuka sehingga kedepannya dapat menambah PAD Klungkung dari aspek pariwisata. Ide untuk menjadikan kawasan Wates – Goalawah menjadi areal public karena selain memiliki potensi wisata, areal tanah di kawasan tersebut sebagian besar merupakan bukan hak milik (milik Negara).

Dalam rapat terbatas yang dipimpin oleh Bupati Suwirta menyampaikan pengelolaan kawasan tersebut tidak perlu mengeluarkan uang banyak, dalam artian pengerjaan tersebut dilakukan secara swadaya dari masing-masing SKPD (keroyokan). Dengan menjadikan kawasan tersebut sebagai areal public, tentu harapan ke depan menjadikan kawasan tersebut menjadi daerah pariwisata yang akan menambah pundi-pundi PAD Klungkung. Selain membangun sector wisata, di kawasan tersebut dapat membentuk suatu tempat terintegrasi karena di sana ada petani garam tradisional, ada kelompok nelayan. Jadi hal ini menjadi sinergi yang bagus sehingga semua dari berbagai aspek dapat hidup.

Langkah awal yang dilakukan akan dibentuk tim kecil untuk melakukan pendataan dilapangan, karena disana dilihat ada kepemilikan SPPT apakah ada sertifikat sehingga nanti tidak ada kesan masyarakat disana merasa terusik dari penataan ini. pekerjaan penataan ini dianggap tidak begitu besar, kita cukup membranding kawasan ini. Branding kawasan ini dengan menyediakan areal public dan dengan memanfaatkan orang-orang Klungkung sendiri, sehingga kita perlu melibatkan investor. Dalam membangun kawasan areal public ini Bupati Suwirta menghimbau kepada masyarakat disana yang lebih dulu menempati kawasan tersebut. “ Saya ingin mengajak masyarakat agar sama-sama untuk menata tempat tersebut dengan berionovasi untuk kepentingan bersama, harapnya. Dengan menata kawasan pantai wates-goa lawah ini, nanti kita harapkan agar warga kita tidak jauh-jauh lagi berkreasi untuk mencari pantai, sesungguhnya kita mempunyai pantai kenapa kita tidak memanfaatkannya, Cuma kita harus mengkemas dan memulainya dari sekarang, dan itu diperlukan komitmen pemerintah, komitmen masyarakat dan komitmen kita bersama, imbuh Suwirta. SUS-MB       

Bagikan :
Baca Juga :
Cegah Pencemaran Makin Parah, Bupati Suwirta Pastikan IPAL Pemindangan Segera Beroperasi

Leave a Comment

Your email address will not be published.