Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ijo Gading Barat Juara Bupati CUP

Metro Bali
single-image

Lomba Makepung Bupati Cup dilaksanakan pada Minggu (22/9) bertempat di Sirkuit Makepung Blatung Cina Desa Kaliakah, Kecamatan Negara. Lomba yang di lepas oleh Bupati Jembrana I Putu Artha diikuti oleh 137 pasang kerbau dari Blok barat Ijo Gading dan Blok Ijo Gading timur 103 pasang kerbau.

 

Jembrana (Metrobali.com)

 

Lomba Makepung Bupati Cup dilaksanakan pada Minggu (22/9) bertempat di Sirkuit Makepung Blatung Cina Desa Kaliakah, Kecamatan Negara. Lomba yang di lepas oleh Bupati Jembrana I Putu Artha diikuti oleh 137 pasang kerbau dari Blok barat Ijo Gading dan Blok Ijo Gading timur 103 pasang kerbau.

Pada event yang memperebutkan hadiah total sebesar Rp 100 juta ini, Blok Ijo Gading Barat berhasil mendominasi dan berhak atas uang hadiah sebesar Rp 27 juta dan trophy bergilir Bupati Cup. Blok Ijo Gading Barat tak terkalahkan pada dua grup, yaitu Grup A dan Grup C. Pada Grup C Blok Ijo Gading Barat mendominasi dengan memenangkan 22 balapan dan Ijo Gading Timur memenangkan 7 balapan.

Namun di grup B Blok Ijo Gading Timur balik mendominasi pertandingan, Blok Ijo Gading Timur memenangkan 13 balapan dan Blok Ijo Gading Barat memenangkan 6 Balapan. Sedangkan pada grup A, Ijo Gading Barat membalikkan keadaan dengan  memenangkan 8  balapan sedangkan Ijo Gading Timur memenangkan 2 balapan.

Lomba kali ini tidak hanya di tonton oleh masyarakat dan wisatawan local namun juga wisatawan asing seperti Zaara dan Niece, pasangan turis dari Jerman yang menginap di Jembrana. Ia mengaku merupakan pengalaman yang luar biasa bisa menyaksikan mekepung. “It’s my first time to Jembrana, and it was amazing experience” ucapnya.

Zaara menjadi lebih gembira ketika di daulat mewakili salah satu pemenang menerima hadiah yang di serahkan oleh Sekda Jembrana Made Sudiada.

Baca Juga :
Dewan Minta Peken Ijogading Segera Dioperasikan

Sebelumnya dalam tatap muka dengan sekehe mekepung jelang lomba, Bupati Jembrana I Putu Artha menyampaikan, makepung merupakan Tradisi khas Jembrana yang harus tetap dilestarikan, segala bentuk bantuan tetap akan di dukung dari pemerintah daerah dan agar dibantu terhadap pengawasan terhadap pembangunan sirkuit Jembrana agar bantuan yang berikan dapat terealisasi dengan baik. “Semoga kedepannya kegiatan mekepung dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Bupati Artha menyampaikan pada sekaa makepung agar  permohonan bantuan apa saja yang akan di ajukan agar lebih awal diajukan ke Dinas Pariwisata Kebudayaan Jembrana. “Apa yang sudah menjadi program pemerintah daerah agar masyarakat tetap mendukung, dengan tujuan Jembrana lebih maju di bidang pariwisata,” terangnya.

Dilain sisi, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana, Nengah Alit mengatakan tempat pelaksanaan Mekepung Bupati Cup kali ini pertamakalinya digelar dikalangan Mekepung Br. Belatung Cina – Kaliakah Kecamatan Negara. Tempat itu juga disebutnya, salah satu kalangan Mekepung terbaik dimiliki Jembrana saat ini, selain di Delod Berawah dan sang hyang cerik Tuwed.

Dia berharap kalangan mekepung di desa Kaliakah ini dapat menambah kepuasan penonton yang menyaksikan pekepungan dari awal start sampai finish. “ Ya baru pertamakalinya disini, baik mekepung Bupati Cup maupun Jembrana cup. Kedepan tentu akan tetap digilir tempat pelaksanaannya, sesuai urutan , untuk pemerataan, “imbuh Negah Alit. (Humas Pemkab Jembrana)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.