Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Idul Adha, Napi Rutan Negara Potong Tiga Kambing

Metro Bali
single-image

Keterangan foto: Rutan Kelas II B Negara Kabupaten Jembrana memotong atau menyemblih hewan kurban, kambing, Minggu (11/8) merayakan Merayakan hari raya Idul Adha/MB

Jembrana (Metrobali.com) –

Merayakan hari raya Idul Adha Rutan Kelas II B Negara Kabupaten Jembrana memotong atau menyemblih hewan kurban, kambing, Minggu (11/8).

“Ada tiga ekor kambing yang disemblih. Semua dilakukan warga binaan dan Napi” ujar Karutan Kelas II B Negara, Purniawal, Minggu (11/8).

Menurutnya tiga ekor hewan kurban kambing yang disemblih merupakan bantuan dari Kakanwil Kemenkumham Bali dan Pemkab Jembrana.

“Hewan kurban disemblih di dalam Rutan setelah Solat Idul Adha. Yang melakukannya warga binaan dan Napi yang beragama Islam” ungkapnya.

Purniawal mengatakan tradisi memotong hewan kurban sejatinya rutin dilakukan setiap tahun saat hari raya Idul Adha. Setelah dipotong daging hewan kurban nantinya akan diolah dalam berbagai menu masakan seperti sate, gule maupun rawon.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya daging olahanya nantinya dinikmati oleh semua warga binaan dan napi termasuk yang non muslim, juga petugas Rutan” ungkapnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan warga binaan dan napi khususnya warga Muslim masih bisa merayakan hari raya Idul Adha kendati berada di dalam Rutan.

“Melalui kegiatan ini mudah-mudahan mampu semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT” harap Purniawal.

Sementara itu salah satu Napi Rutan Kelas II B Negara, Hadim mengaku senang kendati tidak bisa berkumpul dengan sanak keluarga. “Dibilang senang ya senang. Sedihnya, tidak bisa berkumpul sama anak istri” ujarnya.

Di Rutan Kelas II B Negara Kabupaten Jembrana terdapat 130 orang warga binaan atau napi (nara pidana). Dari jumlah itu 55 orang diantaranya beragama Islam.

Pewarta: Komang Tole
Editor: Hana Sutiawati

Bagikan :
Baca Juga :
Margriet Angkat Angeline Atas Dasar Kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published.