Humas Badung Gelar Pelatihan Kehumasan

Metro Bali
single-image

Keterangan foto: Asisten Pemerintahan dan Kesra IBA Yoga Segara menyematkan tanda kepada peserta Kehumasan di ruang pertemuan Inspektorat, Puspem Badung Senin (9/4)/MB

Tingkatkan Pelayanan Informasi yang Transparan dan Bertanggungjawab

Mangupura, (Metrobali.com) –

Pemkab Badung melalui Bagian Humas Setda Badung menggelar Pelatihan Kehumasan bagi aparatur pada masing-masing Perangkat Daerah Teknis dan Kecamatan yang menangani pelayanan informasi, Senin (9/4) di ruang pertemuan Inspektorat, Puspem Badung. Pelatihan Kehumasan dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesra Ida Bagus Agung Yoga Segara didampingi Kabag Humas Putu Ngurah Thomas Yuniarta.

Kabag Humas Putu Ngurah Thomas Yuniarta melaporkan, tujuan pelatihan untuk melatih tenaga-tenaga kehumasan pada masing-masing perangkat daerah menjadi lebih profesional yang nantinya akan mampu mempublikasikan setiap kegiatan pada masing-masing perangkat daerah sehingga dapat memberikan pelayanan informasi publik secara akurat, benar dan transparan kepada masyarakat. “Sesuai dengan tema yang diangkat pada pelatihan ini yakni mewujudkan insan Humas yang mampu menyampaikan pesan yang baik, mudah dihubungi sehingga terwujud komunikasi yang efektif berdasarkan asas perikemanusiaan, ” jelasnya. Lebih lanjut dijelaskan, pelatihan akan dilaksanakan selama 6 (enam) hari hingga 14 April mendatang. Materi pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, dengan menghadirkan narasumber yaitu Dr. Ni Made Ras Amanda G, S.Sos, M.Si, Ketua Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indonesia dengan materi pengetahuan umum kehumasan tentang humas pemerintahan, tantangan dan kompetitif. Ayu Sulistyowati, SE, MM, INV, wartawan Kompas dengan materi penulisan berita tentang rilis kehumasan Pemkab Badung yang kreatif dan inovatif serta Zul Trionggono Edoardo, S. Sos, Fotografer Freelance media lokal, nasional dan internasional, mambawakan materi fotografi. Selanjutnya pada 12 April melaksanakan orientasi lapangan ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Gunung Kidul Yogyakarta. Peserta pelatihan berjumlah 30 orang dari unsur perangkat daerah dilingkungan Pemkab Badung.

Baca Juga :
Penumpang Meninggal Didalam Mini Bus

Bupati Badung dalam sambutannya disampaikan Asisten Yoga Segara menekankan, mewujudkan tujuan penyelenggaraan pemerintahan di daerah maka penerapan prinsip-prinsip transparansi, partisipasi dan akuntabilitas merupakan keharusan dan wajib dilaksanakan. Terlebih di era keterbukaan informasi saat ini, dimana pemerintah daerah dituntut memberikan pelayanan penyediaan informasi yang transparan dan bertanggungjawab. Untuk itu pelatihan kehumasan dipandang sebagai salah satu upaya meningkatkan kapasitas aparatur dibidang kehumasan yang mampu menyampaikan pesan dengan baik, transparan dan akuntabel kepada masyarakat sehingga terwujud komunikasi yang efektif. “Pelatihan ini kami nilai sangat tepat, terlebih program dan kegiatan dalam penjabaran visi misi Bupati dan Wakil Bupati Badung, pada masing-masing perangkat daerah perlu dipublikasikan kepada masyarakat, ” terangnya.

Ditambahkan, pengelolaan informasi yang transparan, cepat dan bertanggungjawab ini diharapkan dapat mambangun citra serta reputasi positif bagi institusi pemerintah kabupaten badung. Keterbukaan informasi publik akan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengawasan pada setiap kebijakan publik yang nantinya berkorelasi pada upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Merujuk Permendagri no. 13 tahun 2011 tentang pedoman palaksanaan kehumasan, maka dibutuhkan adanya kemampuan staf yang menangani kehumasan agar dapat melaksanakan fungsi pelayanan informasi publik secara paripurna

Editor: Hana Sutiawati

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.