Gus Adhi “Amatra” Lantik Pengurus Depicab SOKSI Tabanan, Tantang Lahirkan Inovasi Produk Unggulan di Tiap Kecamatan

Metro Bali
single-image

Foto: Pengukuhan dan pelantikan pengurus Depicab SOKSI Kabupaten Tabanan oleh Ketua Depidar SOKSI Provinsi Bali AA Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra), Minggu (21/2/2021).

Tabanan (Metrobali.com)-

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Provinsi Bali AA Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) mengukuhkan dan melantik pengurus Dewan Pimpinan Cabang (Depicab) SOKSI Kabupaten Tabanan di Bali Sesandan Garden, Desa Megati, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Minggu (21/2/2021).

Ketua Depicab SOKSI Kabupaten Tabanan dipegang Bagus Putu Ngurah Wira Tenaya dengan Sekretaris I Gusti Made Mahaputra,dan  Bendahara I Gede Sugiarta.

Acara ini juga dirangkai dengan pengukuhan dan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Anak Cabang (Depiancab) SOKSI se-kecamatan di Kabupaten Tabanan, pengukuhan dan pelantikan tunas muda SOKSI yang tergabung dalam SOKSI Z  Kabupaten Tabanan, Satgas Baladhika Karya SOKSI Kabupaten Tabanan dan Amatra Cycling Club (ACC) Kabupaten Tabanan.

Pagi harinya kegiatan diawali dengan gowes bersama Amatra Cycling Club (ACC) SOKSI Bali dan ACC SOKSI Kabupaten Tabanan bersama masyarakat setempat dan SOKSI Z sambil menikmati panorama alam yang indah di Desa Megati, Kecamatan Selemadeg Timur ini. Amatra sekaligus juga meninjau potensi pariwisata hingga pertanian yang ada di kawasan ini sambil menyerap aspirasi masyarakat setempat.

Dalam arahannya Amatra yang populer disapa Gus Adhi mengajak pengurus dan kader SOKSI Tabanan mengenang kembali sejarah berdirinya SOKSI pada 20 Mei 1960 dan menjadi salah satu Ormas pendiri Golongan Karya (disebut Trikarya bersama Kosgoro dan MKGR) yang dalam melaksanakan perjuangannya berorientasi pada karya dan kekaryaan. SOKSI didirikan oleh almarhum Prof. Dr. Suhardiman, S.E.

Gus Adhi menegaskan sejarah lahirnya SOKSI bukan karena gagah-gagahan tapi panggilan pengabdian dan perjuangan.  SOKSI wadah pencetak kader bangsa, pemikir elit di level nasional, dan diharap di Bali juga seperti itu.

Baca Juga :
Hati-Hati, Repost Tanpa Ijin Bisa Dipidana

“Dalam kesungguhan dan keseriusan pasti bisa dan mari bersama-sama gunakan organisasi sebagai wadah mengkader diri dan mengkader rekan-rekan, membangun organisasi, membangun ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Jangan lelah terus melakukan karya nyata dan inovasi,” pesan Gus Adhi yang juga Anggota Komisi IV DPR RI ini.

Gus Adhi yang juga Ketua Harian Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) SOKSI ini berharap Depicab SOKSI Tabanan mampu menggali potensi masing-masing kecamatan yang ada di Tabanan akan semakin berkembang seperti sektor pertanian dan pariwisatanya.

“Saya harapkan tiap daerah punya inovasi produk unggulan yang bisa dibanggakan dan diangkat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali ini.

Kepada kader SOKSI, Gus Adhi mengingatkan agar tetap berpegang teguh terhadap spirit perjuangan SOKSI bahwa sebagai insan karyawanisme (bukan karyawan yang dapat gaji bulanan) adalah manusia yang penuh karya berbasiskan karya kekaryaan.

“Sesuai pesan pendiri SOKSI almarhum Prof Suhardiman, kader SOKSI dalam melakukan karya kekaryaan haruslah ‘Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe.’ Artinya tanpa pamrih tapi banyak berkarya,” pungkas politisi Golkar asal Kerobokan, Badung ini.

Sementara itu Ketua Depicab SOKSI Kabupaten Tabanan Bagus Putu Ngurah Wira Tenaya mengungkapkan siap mengemban mandat dan akan dibuktikan dengan karya nyata dalam kebersamaan dan spirit gotong royong bersama segenap pengurus dan kader SOKSI di Tabanan.

“Seorang Ketua tidak bisa seperti Superman, tidak bisa one man show, tapi harus bekerja bersama,” kata pria yang akrab disapa Gus Wira ini.

Ia pun berpesan agar pengurus dan kader SOKSI Tabanan di lingkungan masing-masing agar menunjukkan karya nyata, memberikan keteladanan, menunjukkan diri sebagai pribadi unggul di masyarakat. Mari kita bekerja, berikan karya nyata kepada masyarakat sesuai tugas dan wilayah kerja masing-masing,” ajak Gus Wira.

Baca Juga :
Caleg Demokrat Divonis Satu Tahun Penjara

Ia menegaskan SOKSI Tabanan siap menindaklanjuti arahan Gus Adhi agar SOKSI Tabanan mampu ikut menggali potensi masing-masing kecamatan yang ada di Tabanan sehingga bisa melahirkan produk unggulan. “Kita format tiap kecamatan agar menemukan keunikan masing-masing dan itu menjadi produk unggulan serta pilot project sebelum mengarah ke program lain,” ungkap Gus Wira.

Ia mencontohkan di Kecamatan Baturiti khususnya di daerah sisi utara ada potensi pertanian dengan sayur mayur dan buah-buahan. Di Kecamatan Pupuan juga potensial dikembangkan berbagai jenis buah unggul.

Lalu di Kecamatan Penebel dengan potensi pariwisata di sisi utara dan pertanian di tengah-tengah. Kecamatan Kerambitan juga punya potensi pertanian dan kebutuhan jaringan pertanian yang cukup besar.

“Kebetulan pengurus dan kader SOKSI Tabanan banyak bergerak di bidang pertanian. Walaupun sama, minimal pengurus di masing-masing kecamatan punya greget dengan melahirkan inovasi di pertanian melalui pilot project produk unggulan. Jadi potensinya besar dan kita harus berkarya memunculkan potensi ini,” terang Gus Wira.

Usai pengukuhan dan pelantikan pengurus langsung digelar Rakerda Depicab SOKSI Tabanan untuk menggodok program kerja karya nyata masyarakat untuk menghasilkan produk unggulan di tiap-tiap kecamatan di Tabanan.

Selama ini di bawah kepemimpinan Gus Adhi, SOKSI Bali tidak pernah sepi dari aksi sosial kemanusiaan hingga berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi. Berbagai kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat pun terus digalakkan dengan spirit “SOKSI Gus Adhi, Gus Adhi SOKSI.”

Belum lama ini Gus Adhi juga telah meluncurkan 8 Aksi Gerakan SOKSI Membangun di Jro Kawan, Kerobokan, Badung yang dihadiri dan disaksikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Umum Depinas SOKSI Ahmadi Noor Supit dan Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI Bobby Suhardiman. (wid)

Bagikan :
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave a Comment

Your email address will not be published.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});