Gus Adhi “Amatra” dan SOKSI Roadshow di Karangasem: Serahkan Bantuan Alsintan, Serap Aspirasi Petani dan Nelayan

Metro Bali
single-image

Foto: Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Bali AA Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) bersama SOKSI Karangasem menyerap aspirasi petani dan nelayan serta menyerahkan bantuan alsintan.

Karangasem (Metrobali)-

Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Bali AA Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) yang juga Ketua Depidar SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) Provinsi Bali melakukan roadshow di sejumlah titik di Karangasem menemui dan menyerap aspirasi dan nelayan Sabtu (17/10/2020).

Roadshow dilakukan Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali yang akrab disapa Gus Adhi ini di empat titik bersama SOKSI Kabupaten Karangasem. Gus Adhi juga menyerahkan bantuan sejumlah alsintan (alat mesin pertanian) seperti traktor kepada sejumlah kelompok tani yang ada di Kecamatan Selat dan Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

Kegiatan pertama Gus Adhi bersama SOKSI Karangasem diawali di Banjar Padangtunggal, Desa Duda, Kecamatan Selat. Hadir pula Anggota DPRD Karangasem dari Partai Golkar I Gusti Agung Dwi Putra.

Selain menyerap aspirasi petani, Gus Adhi yang merupakan Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, lingkungan hidup, kehutanan dan kelautan ini juga menyerahkan bantuan sejumlah traktor kepada beberapa kelompok tani.

Selanjutnya Gus Adhi dan SOKSI Karangasem menemui Kelompok Nelayan Camplung Indah di pinggir pantai di Banjar Dinas Tegal Sari, Desa Tianyar Barat.

Dalam kesempatan ini Ketua Kelompok Nelayan Camplung Indah Nyoman Ariasa dan sejumlah nelayan menyampaikan berbagai aspirasi. Salah satunya nelayan berharap adanya bantuan rumpon.

Menyikapi aspirasi ini Gus mengaku siap menindaklanjutinya. Gus Adhi juga menjanjikan bantuan Keramba Jaring Apung (KJA) sehingga ke depan nelayan bisa menebar dan memelihara ikan kerapu hingga lobster.

Di Kecamatan Kubu Gus Adhi juga menemui dan menyerap aspirasi petani bawang di Banjar Darma Winangun, Desa Tianyar yang didampingi pula Anggota DPRD Karangasem dari Partai Golkar asal Kecamatan Kubu, I Nyoman Musna Antara.

Baca Juga :
Rai Mantra : Tes Masif Untuk Mempercepat Penanganan Covid 19

Terakhir Gus Adhi menemui petani dan menyerahkan bantuan traktor kepada kelompok tani bertempat kediaman Anggota DPRD Karangasem dari Partai Golkar Wayan Dikep di Banjar Tukad Abu Kelod, Desa Tulamben.

“Saya melihat masyarakat Kubu di masa pandemi Covid-19 ini mereka bersemangat menjalankan pertanian,” kata Gus Adhi.

Diharapkan pemerintah, instansi terkait bersama para kelompok tani bisa konsisten  melaksanakan pertanian yang berbasis R&D (Research and Development) atau litbang (penelitian dan pengembangan).

“Pertanian di Karangasem ini sudah perlahan bangkit bahkan sudah ada yang produktif sehingga mendapatkan mata pencaharian dan meningkatkan kesejahteraan mereka,” imbuh Gus Adhi.

Anggota DPRD Karangasem dari Partai Golkar asal Kecamatan Kubu, I Nyoman Musna Antara mewakili para petani mengucapkan terima kasih kepada Gus Adhi “Amatra” karena sudah memfasilitasi para petani dengan bantuan alsintan (alat mesin pertanian) seperti traktor dan mesin pengolahan pupuk.

“Gus Adhi walaupun di saat pandemi sekarang ini masih bisa memberikan realisasi bantuan alsintan kepada kelompok yang membutuhkan. Ini merupakan sesuatu yang luar biasa sehingga para petani bisa lebih mudah untuk kedepannya dalam pengolahan tanah pertanian,” kata anggota Dewan yang akrab disapa Jro Musna ini.

Sementara itu Gus Adhi terus menggelorakan spirit kader SOKSI untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat menunjukkan pengabdian dan karya kekaryaan secara nyata.

Di bawah kepemimpinan Gus Adhi, SOKSI Bali tidak pernah sepi dari aksi sosial kemanusiaan hingga berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi. Berbagai kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat pun terus digalakkan dengan spirit “SOKSI Gus Adhi, Gus Adhi SOKSI.”

Kepada kader SOKSI, Gus Adhi mengingatkan agar tetap berpegang teguh terhadap spirit perjuangan SOKSI bahwa sebagai insan karyawanisme (bukan karyawan yang dapat gaji bulanan) adaalah manusia yang penuh karya berbasiskan karya kekaryaan.

Baca Juga :
Mensos: pemerintah targetkan bebas prostitusi 2019

“Sesuai pesan pendiri SOKSI almarhum Prof Suhardiman, kader SOKSI dalam melakukan karya kekaryaan haruslah ‘Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe.’ Artinya tanpa pamrih tapi banyak berkarya,” pungkas Gus Adhi, politisi Golkar, asal Kerobokan Badung ini.(dan)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.