GUBERNUR SERAHKAN PIALA PEMENANG LOMBA SEKAA TERUNA TAHUN 2012

Metro Bali
single-image

Denpasar (Metrobali.com)-

Gubernur Bali, Made  Mangku Pastika, menyerahkan piala bagi pemenang lomba sekaa teruna Provinsi Bali Tahun 2012 di yang di laksanakan di Br. Kerta Pascima, Desa Adat Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung Rabu (19/12). Lomba ini digelar dalam rangka meningkatkan kualitas Sekaa Teruna sebagai Organisasi Tradisional yang ikut berperan dalam pembangunan, pelestarian adat dan budaya sehingga Pemerintah Provinsi Bali mengadakan pembinaan sekaligus lomba Sekaa Teruna Provinsi Bali Tahun 2012.

“Lomba ini sangat penting sekali dilaksanakan, karena memiliki banyak manfaat. Tujuaanya tiada lain untuk mengikat kebersamaan dalam menjaga dan  melestarikan adat dan budaya Bali kedepannya. Tidak hanya sekedar untuk mencari juara, tapi lomba ini agar menjadi sarana mensosialisasikan keberadaan adat istiadat di Bali yang telah ada sejak dulu yang berlandaskan ajaran Agama Hindu,” demikian dikatakan Gubernur.

 Gubernur berharap kepada seluruh krama Bali, terutama sekaa teruna di seluruh Bali, semoga momen ini bisa dijadikan media dalam mendukung kegiatan di Desa Pekraman.  Karena para Daha Teruna ini merupakan generasi penerus, yang akan melanjutkan kelestarian Desa kedepannya terutama dalam membangun tiga pilar Tri Hita Karana,  parahyangan, pawongan, dan palemahan. “Para pemuda sekarang hendaknya mampu menjadi generasi pembangun dan penerus dan jangan hanya menjadi generasi penikmat saja. Begitu juga dengan Tokoh Adat terutama Kelian Banjar dan Bendesa Adat agar selalu menuntun pemudanya didalam melaksanakan kewajibannya serta melestarikan adat dan budayanya di desa pekraman masing-masing, agar bisa mewujudkan Ajeg Bali,” demikian pesan Gubernur.

Setelah mengikuti masa penilaian sejak bulan 20 Nopember sampai dengan 1 Desember lalu, akhirnya untuk Juara I diraih Sekaa Teruna Yowana Putra Pascima, Br. Kerta Pascima Ds. Adat Tanjung Benoa, Kec. Kuta Selatan, Juara II diraih Sekaa Teruna Dharma Cantih Br. Pande Ds. Pekraman Pedungan, Kec. Denpasar selatan, dan Juara III diraih Sekaa Teruna Dharma Laksana Br. Pakraman Dharmajati Ds. Tukad Mungga Kec. Buleleng. Selanjutnya berturut-turut yang mendapat peringkat IV sampai dengan IX yaitu duta Sekaa Teruna dari Kabupaten Bangli, Jembrana, Tabanan, Karangasem, Klungkung, dan Gianyar. Masing-masing Sekaa Teruna mendapatkan Piala dan Piagam serta Uang Tunai untuk Pembinaan. Untuk aspek yang menjadi penilaian lomba meliputi, organisasi, administrasi, yasa kerti dharmaning utama, yasa kerti dharmaning negara.

Baca Juga :
Antisipasi Penyakit Jantung Melalui Pemeriksaan Awal

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Badung, Anak Agung Gede Agung, perwakilan dari kabupaten se- Bali,  Perwakilan DPRD Kabupaten Badung dan Para Kelian Sekaa teruna Seluruh Bali. GAB-MB

 

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.