Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Gubernur Pastika Minta Satuan Polisi Pamong Praja Kedepankan Mekanisme Preventif dalam Penegakan Perda

Metro Bali
single-image

Pembukaan Raker Pol PP (4)

Bupati Badung Giri Prasta/MB

Denpasar (Metrobali.com)-

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan perangkat Pemerintah Daerah yang bertugas unutk memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan peraturan daerah. Dalam melaksanakan fungsinya  keberadaan  Satpol PP diharapkan lebih mengedepankan mekanisme preventif seperti melakukan tindakan pencegahan pelanggaran perda melalui pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat, melalui pola sikap dan pola tindak yang lebih humanis.

Demikian sambutan Gubernur Bali made Mangku Pastika yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Cokorda Pemayun pada upacara Pembukaan Rapat Kerja Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi se-Bali bertempat di Ruang Kriya Gosana Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung , pada Kamis (07/04).

Pastika juga meminta Satpol PP agar selalu menjungjung tinggi kehormatan satuannya dan mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat juga harus dibarengi dengan peningkatan kompetensi sumber daya para satuan anggota, sehingga dapat berperan optimal dan profesional dalam menjalankan tugas. Disamping itu, Pastika mengajak seluruh jajaran Satpol PP untuk ikut menjaga keamanan dan ketentraman pariwisata di Bali, terlebih masih banyaknya permasalahan yang terjadi pada bidang usaha jasa kepariwisataan yang harus dibenahi dan dicarikan solusinya.

Pembukaan Raker Pol PP (1)

Ia juga menyampaikan bahwa, maraknya operator watersport bodong yang beroprasi tidak saja merugikan operator resmi, tetapi dapat merusak sistem pasar dan citra pariwisata Bali. Untuk itu, Pastika meminta agar melalui Rakerda Satpol PP tersebut dapat lebih dibahas terkait peningkatan koordinasi, kesamaan persepsi dan pola tindak antar satpol pp, pemerintah daerah, pihak swasta dalam hal ini pengelola pariwisata serta masyarakat untuk menjaga wisata bahari dan wisata tirta yang saat ini berkembang di Bali. Sehingga semua pihak diharapkan dapat berkontribusi terhadap keberhasilan pembangunan daerah Bali untuk mencapai Bali yang Maju, Aman, Damai dan Sejahtera (MANDARA).

Baca Juga :
Pelajar bunuh begal dituntut hukuman pembinaan satu tahun

Sementara itu, Bupati Badung Giri Prasta mengucapkan apresiasinya terhadap kinerja yang selama ini telah dilakukan oleh Satpol PP se-Bali dalam menjaga keamanan daerah Bali khususnya Kabupaten Badung. Ia, menghingbau kepada seluruh Satpol PP agar selalu menjaga koordinasi dan sinergitas lisntas sektor baik terhadap lingkungan pemerintah daerah Kab/Kota maupun sektor swasta, sehingga dalam menegakkan keamanan tidak terjadi suatu miskomunikasi.

Selain itu, Giri Prasta juga mengungkapkan bahwa saat ini Kabupaten Badung akan meningkatkan kualitas kinerja Satpol PP khususnya terkait dengan alat-alat penunjang keamanan yang berkualitas dan canggih. Sehingga dalam menjaga keamanan khususnya pada tempat pariwisata, Satpol PP dapat mendeteksi hal-hal yang mencurigakan. Selain itu, dalam mendukung wisata bahari Pemerintah Kabupaten Badung kedepannya akan meningkatkan wisata bahari yang bertajuk “blue Ekonomy” dengan lebih menghidupkan ekonomi masyarakat pesisir. Kedepan akan diselenggarakan beberapa festival yang mengedepankan rutinitas bahari seperti surfing, kuliner laut dan lainnya. Diharapkan dengan kegiatan tersebut akan meningkatkan kunjungan rutin para wisatawan khususnya tempat wisata pantai.

Lebih lanjut, Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Satpol PP Provinsi Bali I Made Sukadana melaporkan bahwa kegiatan rapat kerja tersebut bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antar Satpol PP Kab/Kota se-Bali dalam menegakkan peraturan daerah yang berlaku serta  meningkatkan keamanan dan ketentraman masyarakat Bali.  Ia mengungkapkan bahwa acara yang diikuti oleh 75 orang dan berlangsung selama sehari tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas kinerja  dan sinergitas dari Satpol PP se-Bali.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Badung, Ketua DPRD Kabupaten Badung, Kasat Pol PP se-Bali. AD-MB

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.