Gubernur Bali Membuka, Ground Breaking Pembangunan Bendungan Tamblang

Metro Bali
single-image

 

Buleleng, (Metrobali.com)

Gubernur Bali I Wayan Koster pada Rabu (12/8/2020) membuka Ground Breaking Pembangunan Bendungan Tamblang yang berlokasi di Desa Sawan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali.

Kepada awak media, Gubernur Koster mengatakan bahwa pembangunan Bendungan yang dibangun dengan ketinggian 68 meter dan memiliki kapasitas tampung sebesar 7,6 meter kubik, memiliki manfaat antara lain sebagai sumber penyediaan air baku sebesar 510 Liter per detik untuk daerah layanan Kabupaten Buleleng. Selain itu juga untuk mendukung pengairan irigasi dari lahan sawah yang ada di Buleleng ini.

“Tentunya bendungan ini nantinya bisa dimanfaatkan penyediaan air baku untuk masyarakat dan untuk irigasi” ujarnya menegaskan.

Pembukaan Ground Breaking Pembangunan Bendungan Tamblang menghadirkan Gubernur Bali Dr. I Wayan Koster, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Forum Komunikasi Pimpinan Provinsi Bali, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Buleleng, Camat Sawan, Perbekel Desa Sawan, Serta undangan lainnya.

Sementara itu Ketua DPRD Buleleng Supriatna mengharapkan pembangunan Bedungan Tamblang dapat menunjang perkembangan sektor pertanian di Buleleng Timur.

Lebih lanjut ditegaskan bahwa Bendungan Tamblang nantinya pasti akan bermanfaat memenuhi kebutuhan air untuk pertanian dan bisa dimanfaatkan kebutuhan air bersih untuk beberapa wilayah kecamatan di Buleleng Timur.

“Dengan adanya bendungan ini, akan menciptakan keseimbangan pasokan air di wilayah Kabupaten Buleleng.” ujarnya.

Selain Bendungan Titab, menurut Supriatna Bendungan Tamblang ini tentunya akan menciptakan keseimbangan dalam pasokan air, terutama untuk pertanian,”Saya harapkan hal ini akan mendorong sektor pertanian menjadi lebih baik lagi di Buleleng Timur maupun di Buleleng Barat” pungkasnya.

Pada sisi lain Bupati Agus Suradnyana juga mengharapkan agar nantinya Bendungan Tamblang bisa dimanfaatkan untuk mengairi 500 hektar lebih daerah irigasi yang ada di sekitar bendungan.

Baca Juga :
SBY Hadapi Cobaan Sangat Berat Tahun 2019 Ini

“Untuk stok air baku, sudah ada air sanih yang mempunyai kepasistas 120 liter per detik, nah sekarang ditambah lagi 510 liter per detik dengan adanya bendungan ini” tandasnya. GS

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.