Gubernur Apresiasi Semangat Yadnya untuk Perkokoh Budaya Bali

Metro Bali
single-image

Karangasem (Metrobali.com)-

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengapresiasi semangat masyarakat Bali yang mayoritas beragama Hindu dalam melaksanakan yadnya. Gubernur menilai, yadnya yang dilaksanakan umat hindu di Bali erat kaitannya dengan upaya memperkokoh budaya sebagai modal utama pembangunan yang bertumpu pada sektor pariwisata. Hal tersebut disampaikannya dalam dharma wacana pada acara persiapan ngaben dan mamukur massal yang digelar oleh pasemetonan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Kecamatan Karangasem di Balai Masyarakat Desa Jasri, Jumat (15/2).

Lebih lanjut Gubernur mengurai, upacara ngaben dan mamukur merupakan wujud bakti umat kepada sang pitara (leluhur). Selain sebagai wujud bhakti kepada leluhur, Gubernur berharap kegiatan pitra yadnya yang digelar secara massal ini makin memperkokoh hubungan persaudaraan diantara pasemetonan MGPSSR dan juga umat Hindu pada umumnya. Lebih dari itu, Gubernur   juga mengingatkan agar kegiatan pitra yadnya yang dilaksanakan dilandasi dengan tulus iklas agar sang pitara mendapat tempat yang layak sesuai dengan karmanya.

Selanjutnya, Gubernur juga menghaturkan terima kasih kepada masyarakat yang tiada surut dalam melaksanakan srada bhakti melalui berbagai kegiatan yadnya. Karena, kegiatan yadnya yang digelar oleh masyarakat juga merupakan wujud peran aktif masyarakat dalam pembangunan, khususnya di bidang budaya.

Dalam kesempatan itu dia juga mengingatkan tentang perhelatan Pemilihan Gubernur yang sebentar lain akan dilaksanakan di Pulau Dewata. Gubernur mengharapkan peran aktif masyarakat dalam menyukseskan perhelatan politik tersebut. “Saya mohon tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat memberi tuntutan kepada masyarakat agar situasi keamanan Bali tetap terjaga selama proses politik ini berlangsung,” pungkasnya.

Kegiatan ngaben dan mamukur massal MGPSSR akan digelar Agustus 2013 mendatang. Hingga saat ini telah terdaftar 56 sawa untuk mengikuti ngaben massal. Selain itu ada 100 peserta ngelungah dan 614 mamukur. Pendaftaran masih dibuka hingga 2 minggu sebelum hari H. DS-MB

Baca Juga :
Pemkot Gelar Lomba Matematika di Bantaran Sungai Bindu

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.