Golkar NTT Dukung Pembentukan Provinsi Flores

Metro Bali
single-image

Marselinus YW Petu

Nusa Dua (Metrobali.com)-

Wacara pembentukan Provinsi Flores, sebagai pemekaran dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), sudah digulirkan sejak awal tahun 2000. Sayangnya hingga saat ini, wacana tersebut belum membuahkan hasil. Padahal, mayoritas masyarakat Pulau Flores, menghendaki agar provinsi baru itu segera terwujud.

Selain masyarakat, pimpinan partai politik, para bupati dan ketua DPRD kabupaten seluruh daratan Flores juga sudah menyatakan dukungan terhadap wacana pembentukan Provinsi Flores ini. “Partai Golkar Provinsi NTT secara kelembagaan, juga mendukung pembentukan Provinsi Flores,” kata Marselinus YW Petu, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Ende, Flores, di Nusa Dua, Selasa (2/12).

Ia menjelaskan, semula wacana pembentukan Provinsi Flores ini didukung oleh para Ketua DPD Partai Golkar tingkat kabupaten se-daratan Flores. Dalam perjalanannya, seluruh Ketua DPD Partai Golkar tingkat kabupaten dan kota se-Provinsi NTT juga memberikan dukungan. “Pada akhirnya, ini menjadi sikap bersama Partai Golkar NTT,” tutur Marselinus.

Menurut dia, pembentukan Provinsi Flores sesungguhnya sudah tidak lagi merupakan pemikiran segelintir orang. Provinsi Flores, bahkan juga bukan lagi sebatas wacana atau gagasan. “Tetapi ini sudah menjadi semacam kebutuhan,” tegas Marselinus, yang juga Bupati Ende.

Dikatakan sebagai kebutuhan, imbuhnya, mengingat para bupati, ketua DPRD bersama tokoh masyarakat se-daratan Flores, juga sudah menyatakan dukungannya. “Jika sudah seperti ini, maka Provinsi Flores ini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Flores,” ucapnya.

Menurut Marselinus, pada prinsipnya sebuah provinsi adalah institusi perpanjangan tangan pusat. Maka dengan kuatnya aspirasi yang merupakan kebutuhan arus bawah ini, sangat tergantung bagaimana pemerintah pusat menyikapinya.

“Sudah seharusnya pemerintah pusat melakukan kajian tentang kelayakan Provinsi Flores sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat. Begitu juga dengan ibukota provinsinya, tergantung hasil kajian pemerintah pusat,” tegas Marselinus.

Baca Juga :
Justin Bieber hapus akun Instagram

Partai Golkar Provinsi NTT, demikian Marselinus, sudah meneruskan dukungan pembentukan Provinsi Flores ini ke DPP Partai Golkar. “Kita harapkan Fraksi Golkar DPR RI berjuang agar Provinsi Flores terbentuk. Mereka juga diharapkan berkomunikasi dengan pemerintahan dalam hal ini Mendagri untuk melakukan kajian di lapangan,” kata Marselinus.

Hal tak jauh berbeda juga dilontarkan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Manggarai Barat Matheus Hamsi, pada kesempatan yang sama. Menurut dia, Partai Golkar NTT secara lembaga sudah memberikan dukungan terhadap pembentukan Provinsi Flores.

“Golkar sudah berikan dukungan secara politik. Sebab aspirasi dari bawah memang seperti itu. Tetapi soal bagaimana aspirasi tersebut diwujudkan, itu menjadi tugas pemerintah,” pungkas Matheus Hamsi, yang juga Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat. SON-MBĀ 

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.