Gerakan SOKSI Membangun Bantu Kembangkan Potensi Sport Tourism di Desa Wisata Megati Tabanan, Gelar Event Gowes Spektakuler April 2021

Metro Bali
single-image

Foto: Ketua Depidar SOKSI Provinsi Bali AA Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) gowes bersama Amatra Cycling Club (ACC) SOKSI Bali, ACC SOKSI Kabupaten Tabanan, SOKSI Z dan masyarakat setempat di Banjar Sesandan, Desa Megati, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan pada Minggu pagi (21/2/2021).

Tabanan (Metrobali.com)-

Keasrian dan keindahan alam Desa Wisata Megati, tepatnya di Banjar Sesandan, Desa Megati, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan ternyata menyimpan potensi sebagai destinasi wisata sport tourism (pariwisata olahraga) berkelas.

Hal ini pun menjadi perhatian khusus Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Provinsi Bali AA Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) yang akrab disapa Gus Adhi.

Bahkan Gus Adhi yang juga Anggota Komisi IV DPR RI ini secara khusus melihat langsung potensi sport tourism di desa ini dengan merasakan langsung keindahan alam Desa Megati lewat gowes (bersepeda) bareng bersama Amatra Cycling Club (ACC) SOKSI Bali, ACC SOKSI Kabupaten Tabanan, SOKSI Z dan masyarakat setempat pada Minggu pagi (21/2/2021).

Gowes bareng ini dilakukan sebelum Gus Adhi mengukuhkan dan melantik pengurus Dewan Pimpinan Cabang (Depicab) SOKSI Kabupaten Tabanan di Bali Sesandan Garden, Desa Megati, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan pada Minggu siang.

Saat Gowes bareng Gus Adhi yang memang hobi bersepeda ini merasakan langsung bagaimana keindahan panorama alam ditambah suasana tenang dan udara sejuk di Banjar Sesandan, Desa Megati ini.

Hamparan sawah hijau dengan teraseringnya, bentangan pemandangan yang menyejukkan mata, hamparan pohon kelapa yang tinggi menjulang, gemericik air terjun, semua itu menjadi kombinasi yang memanjakan mata dan membasuh jiwa tatkala gowes menelusuri jalan-jalan setapak di desa yang masih asri ini.

Baca Juga :
Muslim dan Suku Jawa Lebih Banyak Pilih Mantra-Kertha 

Di sejumlah titik juga ada track yang cukup menantang yang membuat adrenalin tercapu sehingga harus mengayuh pedal sepeda dengan perlahan, hati-hati dan agar tetap mempertahankan keseimbangan.

Semua itu bagi Gus Adhi dan rombongan gowes bareng ACC SOKSI menjadi pengalaman yang tak terlupakan di masa pandemi Covid-19 yang tentunya gowes bareng ini tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan. Apalagi gowes ini selain menyenangkan juga bisa meningkatkan imun tubuh sebagai bekal menangkal terpapar Covid-19.

Usai Gowes pun Gus Adhi yang juga Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali ini merasa belum cukup puas mengeksplor keindahan alam Desa Wisata Megati ini. Namun satu hal yang pasti, baginya potensi pengembangan sport tourism dan desa wisata di kawasan ini masih cukup besar untuk digali dan dikembangkan lagi.

“Areal ini dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, ada air terjunnya, ada terasering sawah, jalan setapaknya dan itu semua perlu kita dorong menjadi destinasi sport tourism salah satunya seperti bersepeda atau gowes. Jadi pariwisata kita bangun melalui olahraga,” tutur Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, lingkungan hidup, kehutanan dan kelautan ini.

Gus Adhi menegaskan penting sekali SOKSI berperan bersinergi dengan masyarakat dan pemuda melalui sport tourism semakin memperkenalkan potensi wisata Desa Wisata Megati ini. Ini pun menjadi bagian dari Delapan Aksi Gerakan SOKSI Membangun yakni Aksi Ekonomi.

Untuk itu dalam waktu dekat untuk mempromosikan potensi sport tourism di Desa Wisata Megati ini, SOKSI Bali, SOKSI Tabanan bersama ACC SOKSI Bali dan ACC SOKSI Tabanan akan menggelar event gowes bareng dengan konsep fun bike dan kemah bersama.

“Kita akan rencanakan kegiatan ini waktunya setelah hari Raya Nyepi antara di pertengahan April hingga Mei 2021 dan mudah-mudahan pandemi segera mereda,” ungkap Gus Adhi yang juga Ketua Harian Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) SOKSI ini.

Baca Juga :
Kapolres Jembrana Terima Penghargaan dari Menpan RB

Secara keseluruhan Gus Adhi menyebutkan bahwa Kabupaten Tabanan ini punya keunikan dan yang patut dibanggakan subak di Tabanan menjadi Warisan Budaya Dunia. Tabanan ini memiliki semua, ada laut, danau dan gunungnya. Istilahnya Tabanan ini Nyegara Gunung, jadi potensinya luar biasa.

“Daerahnya luar biasa maka masyarakatnya juga harus luar biasa dan harus lahir produk-produk unggulan di tiap kecamatan,” ujar Gus Adhi.

Ia mencontohkan misalnya di Kecamatan Pupuan terkenal dengan kopi unggulnya. Di Kecamatan Kerambitan diharapkan misalnya menghasilkan pupuk organik unggul. Termasuk produk beras di Tabanan juga harus ada varietas khususnya.

“Itu semua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya juga petani,” pungkas politisi Golkar asal Kerobokan, Badung ini.

Sementara itu pengukuhan dan pelantikan pengurus Depicab SOKSI Kabupaten Tabanan ini dirangkai dengan pengukuhan dan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Anak Cabang (Depiancab) SOKSI se-kecamatan di Kabupaten Tabanan, pengukuhan dan pelantikan tunas muda SOKSI yang tergabung dalam SOKSI Z  Kabupaten Tabanan, Satgas Baladhika Karya SOKSI Kabupaten Tabanan dan Amatra Cycling Club (ACC) Kabupaten Tabanan.

Ketua Depicab SOKSI Kabupaten Tabanan dipegang Bagus Putu Ngurah Wira Tenaya dengan Sekretaris I Gusti Made Mahaputra,dan  Bendahara I Gede Sugiarta. Usai pengukuhan dan pelantikan pengurus langsung digelar Rakerda Depicab SOKSI Tabanan untuk menggodok program kerja karya nyata masyarakat untuk menghasilkan produk unggulan di tiap-tiap kecamatan di Tabanan. (wid)

Bagikan :
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave a Comment

Your email address will not be published.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});