Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Gapensi Goes to Campus Hadir di Unud Senin Ini, Siapkan SDM Unggul untuk Jasa Konstruksi

Metro Bali
single-image

Foto: Gapensi Goes to Campus Bali akan hadir di Gedung Theater Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (Unud), Senin (9/12/2019).

Denpasar (Metrobali.com)-

Badan Pengurus Daerah (BPD) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Provinsi Bali siap menggelar Gapensi Goes to Campus Bali di Gedung Theater Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (Unud), Senin (9/12/2019).

Acara dikemas dalam bentuk carrier workshop dan dan seminar nasional bertema “Rantai Pasok Material dan Peralatan Konstruksi Mendukung Usaha Jasa Konstruksi yang Berkelanjutan: Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju.”

“Gapensi Goes to Campus ini  bagian penguatan SDM di bidang jasa konstruksi. Sedini mungkin kami sosialisasikan di kampus,” kata Ketua BPD Gapensi Bali periode 2018-2023 I Wayan Adnyana, Kamis (5/12/2019).

Gapensi Goes to Campus ini rencananya dihadiri Gubernur Bali I Wayan Koster yang selaku keynote speaker. Pembicara lainnya seperti Rektor Unud Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi Sp.S (K), Ketua Umum BPP Gapensi H Iskandar Z Hartawi, dan Ketua BPD Gapensi Bali I Wayan Adnyana.

Hadir pula sebagai pembicara perwakilan LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi), perwakilandari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR,  perwakilan pihak mitra rantai pasokan material dan peralatan konstruksi serta pembicara lainnya.

“Lewat seminar ini kami mengajak mahasiswa kenal lebih jauh rantai pasok material dan peralatan konstruksi. Ini penting dipahami SDM jasa konstruksi khususnya yang punya latar belakang teknik sipil dan teknik arsitektur,” ungkap Adnyana yang juga mantan Anggota DPRD Bali dua periode ini.

Penguatan kualitas SDM jasa konstruksi juga menjadi fokus prioritas dan perhatian serius dalam progam kerja Gapensi Bali. Terlebih juga berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, para SDM jasa konstruksi ini diwajibkan mengantongi sertifikasi kompetensi.

Baca Juga :
BPK : Temukan Indikasi Kerugian Negara Meningkat

“Seluruh pelaku jasa konstruksi harus punya sertifikat kompetensi. Ini yang kami terus dorong dan gencar sosialisasikan. Para mahasiswa juga agar setelah tamat bisa kantongi sertifikat kompetensi sehingga gampang cari kerja dan lebih berdaya saing,” papar Adnyana.

Sebelum acara Gapensi Goes to Campus ini, Gapensi Bali juga akan menggelar Mukerda (Musyawarah Kerja Daerah), Minggu (8/12/2019) di Hotel Aston Denpasar.

“Gapensi siap sebagai mitra terdepan dalam pembangunan infrastruktur yang berkualitas seiring visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” tegas Adnyana.

Mukerda akan membahas capaian progam dalam dua tahun ini dan penguatan progam Gapensi Bali ke depan. Mukerda ini wajib hukumnya sebagai evaluasi atas progam kerja di tengah-tengah Musda (Musyawarah Daerah) yang digelar lima tahun sekali.

“Kita kemas Mukerda juga mumpung ada kunjungan pengurus BPP Gapensi,” ujar Adnyana didampingi Ni Rai Swaniti selaku Bendahara Umum BPD Gapensi Bali dan  Ketua Panitia Mukerda BPD Gapensi Bali Ir. I Wayan Yogantara.

Mukerda kali ini juga diisi dengan Focus Group Discussion (FGD) terkait Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 7 Tahun 2019 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi Melalui Penyedia. Dibahas pula tentang kredit konstruksi dari BPD Bali.

“Lalu ada sosialisasi program dari BPJS Ketenagakerjaan serta sosialisasi database dari Gapensi Pusat,” terang Adnyana yang juga merupakan politisi Demokrat asal Tabanan ini.

Mukerda juga menjadi ajang konsolidasi dengan BPP Gapensi dan dan sosialisasi program IT. Dimana rencananya Gapensi akan membuat satu portal website khusus untuk wadah informasi seluruh perusahaan anggota Gapensi, mitra dan konsumen yang butuh jasa konstruksi.

Di dalam website ini akan dimuat informasi perusahaan yang tergabung di Gapensi sehingga memudahkan pihak-pihak yang membutuhkan jasa konstruksi untuk mendapatkan informasi dan profil perusahaan yang memang punya keahlian, profesional serta tersertifikasi.

Baca Juga :
Astawa Nekat Bunuh Pasutri Jepang karena Dijerat Hutang

“Kita mau Gapensi semua punya web di seluruh Indonesia. Jadi orang kalau cari kontraktor gampang. Jadi ini juga bisa jadi semacam marketplace dan untuk jasa konstruksi,” pungkas Adnyana. (wid)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.