DPR dorong peningkatan demokrasi lewat kesuksesan pilkada

Metro Bali
single-image

ahmad riza patria Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria

 

Jakarta (Metrobali.com)-

 

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria mengatakan prestasi Indonesia sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia harus dijaga dan terus ditingkatkan melalui pemilihan kepala daerah.

“Indonesia sejak 2004 menjadi negara demokrasi ketiga terbesar di dunia sehingga ini perlu kita jaga dan ditingkatkan terus. Sehingga kualitas demokrasi melalui pilkada terus kita tingkatkan,” katanya di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (13/1).

Riza mengatakan, salah satu kunci kesuksesan pilkada adalah tingkat partisipasi masyarakat, sehingga Komisi II terus menggulirkan program antara lain sosialisasi dan memberikan anggaran yang cukup bagi KPU dan Bawaslu.

Pemerintah melalui Kemendagri dan pemerintah daerah juga terus mengupayakan partisipasi rakyat pada pilkada.

“Selain itu partai politik juga diharapkan membantu, serta media dan ormas-ormas lainnya. Ini tanggung jawab kita bersama, bukan hanya KPU dan pemerintah semata,” ujar Riza.

Komisi II hari ini juga melakukan rapat dengan KPU untuk membahas berbagai persoalan pilkada di daerah seperti di Papua, Pematang Siantar, Gorontalo, Kendari.

“Termasuk juga masalah e-KTP masih ada, seperti di Buton yang tidak boleh membuat e-KTP oleh pemda setempat. Ini juga akan kami carikan solusinya. Yang paling krusial masalah-masalah di daerah, yang belum selesai yaitu kerawanan konflik di papua,” kata Riza. Sumber : Antara

Bagikan :
Baca Juga :
Disdikpora Bali Belum Tahu Teknis Kelulusan Siswa

Leave a Comment

Your email address will not be published.