Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Disbud Badung Gelar Pelatihan Nyurat Lontar di SMPN 2 Petang 

Metro Bali
single-image

Sekretaris Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung Nyoman Sutama membuka pelatihan penyuratan lontar bagi generasi muda di aula SMP Negeri 2 Petang, Senin (11/3).

Badung (Metrobali.com)-

Dinas Kebudayaan (Disbud) Badung menggelar pelatihan penyuratan lontar bagi generasi muda di Kabupaten Badung tahun 2019 di aula SMP Negeri 2 Petang. Acara tersebut dihadiri Sekretaris Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung Nyoman Sutama, Sekcam Petang Wayan Darma, Pejabat Perbekel Desa Pelaga Dewa Made Widana, dan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Petang, Senin (11/3).

Ketua panitia sekaligus Pembina Pelatihan penyuratan lontar Ni Wayan Arsini menyampaikan, tujuan dari pelatihan penyuratan lontar ini untuk para generasi muda, karena generasi muda itu adalah generasi penerus yang akan mengajegkan penyuratan lontar aksara bali. Pelatihan penyuratan lontar dilaksanakan tiga hari dari tanggal 11 sampai 13 Maret 2019. Pelatihan penyuratan lontar akan dilaksanakan di tiga tempat yaitu, SMPN 2 Petang, SMPN 2 Abiansemal, SMP 2 Mengwi. Pelatihan ini diikuti 60 orang peserta.

Sekertaris Dinas Kebudayaan Nyoman Sutama menyampaikan, Dinas Kebudayaan sebagai lembaga pemerintahan mempunyai tugas dan fungsi menggali, mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai seni budaya dan adat istiadat yang merupakan bagian yang tak terpisahkan. Peranan generasi muda sebagai generasi penerus mempunyai peran yang sangat penting sebagai pelanjut estapet budaya. Melalui kegiatan pelatihan penyuratan lontar ini memberikan pembelajaran bagaimana teknik dan tata cara nyurat lontar khususnya generasi muda guna melestarikan/mempertahankan warisan nenek moyang yang teramat luhur dan sakral.

Editor : Hana Sutiawati

</a

Leave a Comment

Your email address will not be published.

</a
</a