Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

“Digital Village” Desa Dangin Puri Kangin Siap Sukseskan Pemilu Serentak, Diharapkan Jadi Barometer di Bali

Metro Bali
single-image

Foto: Perbekel Desa Dangin Puri Kangin Ir. I Gusti Ngurah Putrawan (kiri) ditemui di sela-sela meninjau kesiapan sejumlah TPS di desa ini, Selasa (16/4/2019).

Denpasar (Metrobali.com)-

Desa Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar siap menyambut dan menyukseskan hari pemungutan suara atau pencoblosan Pemilu Serentak (Pileg dan Pilpres) 17 April 2019 yang tinggal hitungan jam.

Desa di tengah kota yang dikenal sebagai “digital village” atau desa digital ini bahkan optimis mencatatkan partisipasi pemilih di atas angka 85 persen.

“Dengan data coklit yang valid, semoga partisipasi pemilih  bisa di atas 85 persen,” kata Perbekel Desa Dangin Puri Kangin Ir. I Gusti Ngurah Putrawan ditemui di sela-sela meninjau kesiapan sejumlah TPS di desa ini, Selasa (16/4/2019).

Di Desa Dangin Puri Kangin terdapat 22 TPS yang tersebar 7 Banjar dan satu lingkungan Asrama Polda Bali dengan total DPT (Daftar Pemilih Tetap) sebanyak 6.530 orang pemilih.

Berkaca pada Pilgub (Pemilihan Gubernur) Bali pada 2018 silam, tingkat partisipasi pemilih di desa ini tergolong cukup tinggi yakni di angka 82 persen. Pada Pemilu Serentak kali ini pun jajaran perangkat desa bersama KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara) sudah melakukan sosialisasi masif tentang Pemilu Serentak kepada warga desa setempat sehingga diharapkan partisipasi pemilih meningkat tajam.

“Kami sudah antisipasi jauh-jauh hari dari proses pendataan DPT, pembagian DPT, sambut datangnya pemilih pemula sehingga warga tidak ada yang tercecer,” kata Putrawan yang juga Ketua Forum Perbekel/Lurah Kota Denpasar.

Diharapkan Jadi Barometer di Bali

Jajaran Penyelenggara dan Pengawasan Pemilu serta perangkat Desa Dangin Puri Kangin juga dalam Pemilu Serentak ini dibantu dengan keberadaan sebanyak 13 orang mahasiswa dari berbagai  prodi (progam studi) Universitas Warmadewa yang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Pemilu Damai.

Baca Juga :
Margriet Juga Tolak Diperiksa Lie Detector

Koordinasi intensif dengan jajaran pihak kepolisian dan TNI dalam hal menjaga keamanan dan situasi kondusif juga berjalan sangat baik. Sejauh ini tidak ada kerawanan, potensi pelanggaran seperti money politics (politik uang) maupun potensi gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) lainnya.

“Dengan koordinasi dan dukungan semua pihak, Desa Dangin Puri Kangin siap memberikan layanan terbaik saat hari pemungutan suara Pemilu Serentak  2109 yang dikategorikan rumit ini agar bisa sukses,” kata Putrawan.

Pihaknya pun kembali mengimbau warga untuk menggunakan hak pilih sesuai ketentuan dan mendaftarkan diri datang ke TPS untuk pencoblosan mulai pukul 07.00 Wita hingga pukul 13.00 Wita. Semua tahapan pemungutan hingga rekapitulasi penghitungan suara juga diharapkan berjalan aman, damai dan kondusif.

“Kami berharap proses pesta demokrasi di Desa Dangin Puri Kangin bisa dijadikan barometer Bali. Sebab di sini heterogen dari segala unsur, bukan pemilih tradisional tapi kategori pemilih modern,” tandas Putrawan. (wid)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.