Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dhamantra Puji Warmadewa Menjadi Basis Pengembangan Pariwisata

Metro Bali
single-image

Nyoman Dhamantra

DPR RI Dapil Bali Nyoman Dhamantra

Denpasar (Metrobali.com)-

Kebijakan Universitas Warmadewa menjadikan lembaga pendidikan ini sebagai basis pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata dinilai sangat positif. Sebab dengan focus pada basis pengembangan SDM pariwisata maka akan sangat mendukung pengembangan Bali ke depan khususnya dalam pembangunan ekonomi pariwisatanya. “Jadi kalau ingin SDM pariwisata maka Warmadewa tempatnya,” ujar anggota DPR RI Dapil Bali Nyoman Dhamantra saat menjadi narasumber dalam kuliah umum di Universitas Warmadewa, Jumat (2/6/2017).

Kuliah Umum tersebut digelar Ikatan Alumni Universitas Warmadewa (IKADEWA) bekerja sama dengan BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unwar berlangsung di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar. Kuliah umum ini mengangkat tema “Arah Kebijakan Pembangunan Bali di Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Menuju Masyarakat Bali yang Makmur dan Sejahtera”. Kegiatan ini juga serangkaian Dies Natalis IKADEWA yang ke-29.

Kuliah umum dengan moderator Drs. I Made Suantina, M.Si. dibuka Rektor Unwar yang diwakili Dekan Fakultas Sastra Unwar Prof. Dr. I Nyoman Kardana, M.Hum. serta dihadiri Wakil Ketua Yayasan Kesejahteraan KORPRI Provinsi Bali, Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan Unwar, Ketua Ikadewa Made Wimas Candranegara,S.Sos.,M.Ap., Wakil Yayasan Ir. I Ketut Sugihantara, MSA, dosen, DPM, BEM dan Unitas di lingkungan Unwar. Peserta 150 orang dari mahasiswa di lingkungan Unwar.

Dhamantra menekankan Bali ke depan perlu melakukan perubahan-perubahan secara fundamental baik di bidang sosial, politik dan ekonomi serta pariwisata. Langkah itu sangat penting untuk memajukan pembangunan Bali serta meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Pasalnya Dhamantra melihat saat ini terjadi kesenjangan ekonomi yang cukup besar dan disisi lain muncul ancaman terhadap sumber daya alam maupun SDM-nya.

Baca Juga :
Presiden Minta Pamong Praja IPDN Jauhi Korupsi

“Tanah-tanah pertanian banyak yang berkurang dan daya saing masyarakat local juga semakin menurun,” ujarnya. Sementara Ketua Ikadewa Made Wimas Candranegara,S.Sos.,M.Ap. mengatakan kegiatan kuliah umum ini merupakan rangkaian kegiatan dari Dies Natalis Ikadewa ke-29 serta masih ada kegiatan Kuliah Umum lainnya yang akan mengundang alumni yang acara puncaknya nanti pada bulan September akan diadakan kegiatan temu alumni akbar. Selain itu tema yang diangkat dalam kuliah ini juga sejalan dengan visi dari Universitas Warmadewa itu sendiri.

Wakil Ketua Yayasan Kesejahteraan KORPRI Provinsi Bali Wakil Yayasan Ir. I Ketut Sugihantara, MSA, mengatakan kita sudah memiliki dan mengikrarkan Sapta Bayu yang merupakan landasan karakter dari alumni, seluruh civitas akademika Unwar dan Yayasan Kesejahteraan KORPRI Provinsi Bali karena kita sudah berkomitmen yang salah satunya unggul dalam berkarya. Setiap kegiatan apapun harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan maksimal untuk menunjukkan bahwa tidak sia-sia nama besar Ida Sri Ksari Warmadewa yang menjadi junjungan kita baik di Bali maupun Nasional mudah-mudahan bergaung secara Internasional.

Dekan Fakultas Sastra Prof. Dr. I Nyoman Kardana, M.Hum. mengatakan pimpinan universitas dan di tingkat fakultas sangat mendukung kegiatan akademik seperti ini. Dan khususnya kegiatan kuliah umum hari ini sangat diapresiasi karena tema yang diusung sangat relevan dengan visi yaitu lingkungan kepariwisataan. Diharapkan dari Kuliah Umum ini mahasiswa mendapatkan memiliki pengetahuan bagaimana pengembangan pariwisata dan tindak lanjut pariwisata terutama di pulau Bali. Karena memang visi kita ingin melahirkan output atau sarjana yang unggul di bidang pariwisata. RED-MB

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.