Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Desa Getasan Wakili Badung, Lomba Kearsipan Provinsi Bali : Arsip Instrumen Wujudkan Pemerintahan Baik dan Bersih

Metro Bali
single-image
lomba arsip
Mangupura (Metrobali.com)-

Pemerintahan Desa Getasan, Kecamatan Petang mewakili Kabupaten Badung dalam lomba Kearsipan Tingkat Provinsi Bali tahun 2014. Penilaian oleh Tim Penilai Provinsi dilakukan, Kamis (19/6) di Kantor Desa Getasan. Kehadiran Tim Penilai diterima Bupati Badung diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik I Nyoman Predangga, Kepala Kantor Arsip Daerah Kab. Badung A.A. Arimbawa dan Perbekel Getasan I Wayan Suandi.
Menurut Kepala Kantor Arsip Daerah Kab. Badung A.A. Arimbawa lomba kearsipan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman bagi aparatur pemerintah dalam melakukan penataan dan pengelolaan arsip dinamis serta arsip statis yang ada di desa. “Dengan motivasi dan pemahaman ini penataan arsip desa dapat dilakukan lebih baik dan penemuan arsip tidak memerlukan waktu lama sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan kearsipan dapat dilayani dengan cepat, tepat dan akurat,” jelasnya.
Ketua Tim Penilai Provinsi I Made Bagiadi selaku Kabid Pembinaan dan Pengawasan, Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali mengatakan, selain memotivasi dan memberikan apresiasi kepada desa, lomba kearsipan ini juga  mengandung unsur pembinaan. Dijelaskan bahwa, arsip  merupakan salah satu instrumen untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih. “Dikaitkan dengan era kekinian ternyata peran arsip sangat penting, oleh karena itu pemerintah melakukan berbagai terobosan salah satunya meningkatkan peran arsip ditingkat Desa maupun tingkat SKPD melalui lomba. Sehingga semua masalah kearsipan ini penting dalam rangka pertanggungjawaban pemerintahan,” katanya.
Bupati Badung dalam sambutannya yang disampaikan Staf Ahli Nyoman Predangga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya lomba pengelolaan kearsipan tingkat desa/kelurahan ini. Lomba ini dipandang sangat penting dan bermanfaat bagi penyelenggaraan pemerintahan desa yang efektif dan akuntabel. Dijelaskan, sesuai peraturan Kepala Arsip Nasional No 8 tahun 2009 tentang Program Arsip Masuk Desa (AMD), untuk mewujudkan tata kelola arsip di Desa/Kelurahan telah dicanangkan program AMD. Program AMD diharapkan dapat mendorong desa dalam meningkatkan pelayanan masyarakat melalui tertib arsip. Dijelaskan, untuk memperkuat tata kelola kearsipan desa, kedepan diperlukan SDM, sarana prasarana kearsipan serta pendanaan yang memadai. “Dengan telah dimasukkannya arsip sebagai salah satu kreteria pada lomba desa terpadu, akan semakin memperkuat tata kelola kearsipan di desa. Hal ini dimaksudkan agar setiap masyarakat yang membutuhkan pelayanan dapat dilayani dengan cepat, tepat dan akurat,” jelasnya.
Perbekel Getasan I Wayan Suandi mengatakan, motto yang diusung dalam lomba kali ini yakni “bersama arsip masuk desa (AMD) kita lestarikan budaya arsip dalam rangka akuntabilitas administrasi pemerintahan desa menuju clean and good government”. Diharapkan dengan lomba kearsipan ini, pemerintahan desa Getasan serta masyarakat Desa Getasan berkesempatan untuk belajar dengan pelestarian arsip sebagai ilmu pengetahuan dan informasi untuk meningkatkan SDM yang berwawasan. RED-MB
Bagikan :
Baca Juga :
Wabup Sanjaya Sembahyang di Pura Rambut Sedhana, Jatiluwih, Penebel     

Leave a Comment

Your email address will not be published.