Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Desa Dangin Puri Kangin Raih Penghargaan Desa Relawan Pegiat Anti Narkoba dari BNN RI

Metro Bali
single-image

Foto: Perbekel Desa Dangin Puri Kangin Ir. I Gusti Ngurah Putrawan bersama sejumlah desa lainnya di Bali menerima penghargaan sebagai Desa Relawan Pegiat Anti Nkarkoba dari BNN (Badan Narkotika Nasional) RI.

Denpasar (Metrobali)-

Desa Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar terus menorehkan segudang prestasi. Desa digital (digital village) ini baru saja meraih penghargaan tingkat nasional sebagai Desa Relawan Pegiat Anti Narkoba, Desa Bersinar (Desa Bersih dari Narkoba) dari BNN (Badan Narkotika Nasional) RI.

Penghargaan ini diterima langsung Perbekel Desa Dangin Puri Kangin Ir. I Gusti Ngurah Putrawan dalam acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BNN dengan Universitas Udayana serta penandatanganan Pararem Anti-Narkoba oleh Kepala BNN RI, Gubernur Bali dan bupati/walikota se-Bali disertai penyerahan sertifikat oleh Gubernur Bali kepada Relawan Anti-Narkoba se-Bali di Ruang Pertemuan Dr. A.A Made Djelantik Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Selasa (14/5/2019).

Penghargaan yang diterima Perbekel Desa Dangin Puri Kangin menunjukkan keberhasilan desa ini mencegah masuknya barang haram narkoba dengan melibatkan berbagai stakeholder yang ada.

Penghargaan ini merupakan kedua kalinya sebab sebelumnya desa ini juga dianugerahi predikat sebagai Desa Sadar Penggiat Anti Narkoba oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali pada tahun 2017.

“Kami menutup sekecil apapun celah-celah untuk mencegah masuknya narkoba ke Desa Dangin Puri Kangin,” kata Putrawan ditemui di sela-sela acara.

Berbagai upaya yang dilakukan seperti menggalakkan edukasi dan sosialisasi kepada kalangan generasi muda dengan berbagai pendekatan kreatif misalnya juga lewat pentas seni budaya. Lalu melakukan berbagai upaya patroli dialogis, hingga tes urine di masing-masing banjar.

“Jadi dengan gerakan masif itu kami jadi Desa Bersinar, Desa Bersih dari Narkoba,” imbuh Putrawan yang desanya pernah dikunjungi delegasi pertemuan tahunan IMF-Word Bank 2018 silam.

Baca Juga :
Gubernur Pastika Apresiasi Penurunan Anggaran Pilgub 2018

Bisa Dicontoh Desa Lain Cegah Narkoba

Dengan mendapatkan penghargaan nasional dari BNN RI ini, Desa Dangin Puri Kangin ke depan bisa menjadi desa rujukan untuk upaya pencegahan narkoba masuk desa untuk mewujudkan Desa Bersinar.

Terkait hal itu, Putrawan menegaskan pihaknya akan terus meningkatkan berbagai upaya untuk terus membentengi desa dari peredaran barang haram tersebut. Misalnya alokasi dana desa akan digunakan lebih optimal untuk berbagai progam dan upaya pencegahan narkoba masuk desa.

Khususnya meningkatkan aktivitas seni budaya di kalangan generasi muda sehingga ada penyalur hal positif menghindarkan mereka dari bahaya narkoba. “Pola-pola yang sudah berjalan akan kami tingkatkan terus,” tegas Putrawan.

Ia pun mengajak semua pihak ikut bersinergi mendukung berbagai upaya memerangi narkoba. “Sekecil apapun celah itu, di lubang-lubang tikus akan kami tutup. Kami juga tingkatkan sinergi dengan BNN Kota Denpasar dan BNN Provinsi Bali,” kata Putrawan.

Sementara itu Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K) juga berharap desa-desa di Bali bisa meniru keberhasilan desa-desa yang sudah ditetapkan sebagai Desa Relawan Pegiat Anti Narkoba dan Desa Bersinar (Desa Bersih dari Narkoba).

Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko mengatakan Bali merupakan daerah yang memiliki ketahanan paling baik terhadap narkoba. Namun Bali menjadi satu-satunya tempat di Indonesia yang menjadi tempat peredaran narkoba jenis heroin.

Ia menyebut masih ada tiga daerah di Bali yang rentan terhadap peredaran narkoba, yakni Beraban, Seminyak dan Kedonganan. Dalam upaya melakukan recovery, BNN RI telah menggandeng BUMN dan satu desa di Bali akan mendapatkan program recovery tersebut.

Lengkapi Segudang Prestasi Desa Digital

Seperti diketahui Desa Dangin Puri Kangin meraih berbagai penghargaan tingkat provinsi maupun nasional. Desa digital ini menjadi lab site nasional dalam hal pengembangan desa digital dan juga masuk dalam bursa inovasi desa tingkat nasional Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa) Republik Indonesia.

Baca Juga :
Satres Narkoba Buleleng Tangkap Buronan Sabu-Sabu

Ratusan delegasi pertemuan tahunan International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) juga mengunjungi Desa Dangin Puri Kangin pertengahan Oktober 2018 silam.

Berbagai prestasi lainnya seperti mendapatkan predikat juara terbaik II untuk Lomba Desa tingkat Provinsi Bali yang diikuti oleh 716 Desa Kelurahan se-Bali.

Juara 1 Inovation Government tahun 2016, Juara 1 Lomba Desa tingkat Kota Denpasar tahun 2017 serta Juara II Lomba Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan tahun 2017. Desa Dangin Puri Kangin juga ditetapkan sebagai Lab Site Tata Kelola Pemerintah Desa oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bali pada tahun 2017.

Sebelumnya pada tahun 2015 Menteri Hukum dan HAM meresmikan Desa Dangin Puri Kangin sebagai Desa Sadar Hukum. (wid)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.