Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dekra­nas Award 2019, Ny Putri Koster Raih Penghargaan 5 Besar Pembina Teladan

Metro Bali
single-image

Ketua Dekranasda Bali Ny Putri Suastini Koster menerima Dekra­nas Award 2019 di Balai Kartini, Jakarta Selatan, pada Rabu (11/9) pagi.

Jakarta (Metrobali.com)-

 

Pemerintah melalui Kemente­rian Perdagangan (Kemendag) dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekra­nas) untuk keempat kalinya menggelar event Dekra­nas Award.

Pemberian penghargaan Dekra­nas Award 2019 bertujuan untuk memoti­vasi para perajin dan meningkatkan daya saing produk kriya unggulan daerah. Kegiatan  ini dilaksanakan  di Balai Kartini, Jakarta Selatan, pada Rabu (11/9) pagi.

Dekranas Award Pembina Teladan kali ini diikuti oleh 20 Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi, yang bekerja sama dengan Dekra­nasda Kabupaten dan Kota.

Selain itu, kali ini juga dilaksanakan Award Karya Kriya terbaik Indonesia yang tahun ini diikuti oleh 198 karya kriya terdiri dari delapan kategori produk yaitu: tekstil, serat alam, keramik, kayu, logam, batu-batuan, bahan baku alam, bahan baku alam lain yang telah di proses.

Pada Dekra­nas Award 2019,  Dekranasda Bali meraih penghargaan 5 besar Pembina Teladan bersama Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat. Setelah melalui penilaian dan persidangan dewan juri, maka diputuskan Dekranasda Nusa Tenggara Timur keluar sebagai Pembina Teladan Terbaik.

Usai menerima penghargaan, Ketua Dekranasda Bali Ny Putri Suastini Koster mengatakan bahwa bukan hal yang mudah untuk mengemban tugas menjadi Ketua Dekranasda Provinsi Bali, terutama untuk kembali menggairahkan dan melestarikan serta mengembangkan produk kerajinan yang ada di daerah.

“Saya berharap dukungan, support dan sinergitas dari seluruh komponen baik dari pemerintah, organisasi dan tentunya masyarakat untuk bersama wujudkan keajegan karya-karya produksi lokal,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ny Putri Koster mengatakan dengan adanya Dekranas Award ini, diharapkan akan muncul pelaku-pelaku baru dan juga karya-kriya yang inovatif, otentik, berbasis pada tradisi dan budaya dengan kua­litas dan desain yang baik, sehingga dapat meningkatkan daya jual dan daya saing produk tersebut, yang pada akhirnya dapat mening­katkan kesejahteraan perajin serta meningkatkan pere­konomian daerah.

Baca Juga :
BI Sosialisasikan Kewajiban Rupiah Kepada Pelaku Pariwisata

Ajang Dekranas Award 2019 ini dihadiri Ibu Negara Ibu Iriana Joko Widodo, Ketua Dekranas Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Harian Dekranas Ibu Erny Tjahyo Kumolo, Ibu-ibu Oase,  pengurus Dekranas Pusat, Dekranasda Provinsi dan undangan lainnya.

Sementara itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ibu Tjok Putri Hariani Ardhana Sukawati, Ny Widiasmini Indra, Kadis Disperindag selaku Ketua Harian Dekranasda Bali Putu Astawa, dan Sekretaris Dekranasda Bali Komang Wardiyanto.

Sejumlah stand kerajinan dari beberapa daerah Bali pun turut berpartisipasi dalam ajang ini, yakni Kota Denpasar, Kabupaten Tabanan, Gianyar, Bangli, Karangasem,  Jembrana dan Kabupaten Buleleng.

 

Sumber : Humas Pemprov Bali

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.