Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bupati Tjok Agung Haturkan Bakti Penganyar di Pura Kentel Gumi

Metro Bali
single-image

Klungkung (Metrobali.com)-

Terkait dengan Upacara Ngusabha Karya Tawur Balik Sumpah di Pura Kentel Gumi, Bupati Klungkung Tjokorda Gede Agung menghaturkan Bakti Penganyar bersama beberapa SKPD dan jajaran Pemkab Klungkung Selasa (26/11). Upacara Ngusabha Tawur Balik Sumpah yang digelar setiap tahun ini jatuh pada purnama kelima yang juga merupakan Puncak Karya dari Upacara tersebut.

Menurut keterangan I Ketut Jumu, S.Pd sebagai Bendesa Adat Bakas yang juga selaku penyelenggara Karya menyampaikan Upacara Ngusabha Tawur Balik Sumpah dimulai dengan Upacara Netegin yang digelar pada tanggal 11 November 2013. Kemudian dilaksanakan dengan Upacara Mekekoboh dengan mengiringi Ida Betara ke Segara yaitu ke pantai Lepang pada tanggal 15 November kemarin.

 Kemudian pada tanggal 16 November digelar upacara Mepepada terhadap sarana dan prasarana Upacara. Kemudian Upacara Penyineban akan dilakukan pada tanggal 28 november mendatang.

Digelarnya Upacara Tawur Balik Sumpah ini bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat, agar seluruh masyarakat sejahtera baik dari sandang, pangan dan papan.

 “Saya berharap agar setiap Upacara ini supaya didukung oleh semua umat melalui SKPD, baik pemerintah yang Kabupaten Klungkung maupun yang ada diluar Kabupaten Klungkung” lanjut I Ketut Jumu. Upacara Bakti Penganyar kemarin dipuput oleh Ida Pedanda Gria Gede Tusan. SUS-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Oknum Guru Cabuli Siswi SLB Umur 12 Tahun

Leave a Comment

Your email address will not be published.