Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bupati Suwirta Tinjau Uji Kompetensi di Nusa Penida

Metro Bali
single-image

kompetensi'5

Bupati Suwirta Tinjau Uji Kompetensi di Nusa Penida/MB

Nusa Penida (Metrobali.com)-

Seiring dengan berkembangnya Usaha Pariwisata, tidak bisa dihindari, tenaga kerja asing  memiliki peluang yang sangat besar untuk ikut berkompetisi di Bali khususnya di Klungkung. Dengan demikian pemerintah Kabupaten Klungkung yang bekerja sama dengan LSP Parindo Bali menyelenggarakan uji kompetensi khususnya di bidang pariwisata bertempat di Nusa Penida.

Kegiatan ini diselenggarakan di Dua tempat yakni di Kantor KKP Nusa Penida dan di Kantor Kepala Desa Lembongan. Dalam kegiatan ini Bupati Suwirta hadir langsung memantau kegiatan uji kompetensi yang dilaksanakan dan sekaligus memberikan semangat serta motivasi kepada peserta.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ida Bagus Anom Adnyana dalam hal ini memimpin langsung dalam pelaksanaan kegiatan uji kompetensi ini dimana menurut Kadiskertran mengatakan kegiatan seperti ini wajib dilaksanakan oleh seluruh pelaku bisnis yang ada di Klungkung, karena peluang seperti ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin mengingat persaingan kedepan akan semakin sulit, apalagi menginjak persaingan pasar bebas/ Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

Uji kompetensi wajib dilakukan bagi masyarakat yang sudah bekerja dimanapun dan apapun keahliannya. “Kalau tanpa memiliki sertifikat dari uji kompetensi ini ke absahan dari sebuah keahlian untuk bisa bekerja masih abu-abu,” Jelas Ida Bagus Adnyana

Bupati Suwirta dalam wawancaranya mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk pemenuhan tenaga kerja yang berkompetensi khususnya di bidang pariwisata, kedepan diharapkan setelah uji kompetensi ini selesai dilaksanakan semuanya memiliki sertifikat kompetensi khusus dibidangnya sehingga nanti pada saatnya para dive-dive yang ada akan membutuhkan tenaga yang sudah mempunyai sertifikat seperti ini, terang bupati Suwirta.

Kedepan dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asia ini, syarat untuk mencari tenaga kerja adalah yang sudah mempunyai sertifikat uji kompetensi, itu sebabnya bupati menyambut baik dengan apa yang sudah diperbuat oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, karena sudah tanggap dengan apa yang dibutuhkan oleh masyrakat kita, jelas bupati Suwirta.

Baca Juga :
Sikapi Situasional di Daerah, Golkar Bali akan Gelar Rakorda

“Kompetensi tidak hanya bisa ditunjukkan dengan mereka bisa apa, tapi yang paling penting adalah mereka bisa apa dan mempunyai sertifikasi yang diakui,” terang Bupati Suwirta. Uji kompetensi yang dilakukan dan bekerjasama dengan LSP Parindo bali ini adalah yang pertama tahun ini khususnya se Bali, jelasnya kembali.

Kedepan Uji Kompetensi (UK) yang lain khususnya dibidang pariwisata akan dilaksanakan lagi, Tahun ini kita diberikan jatah sebanyak 100 orang dari kementerian Pariwisata untuk wilayah Bali, khususnya di bidang pariwisata. Harapan Bupati Suwirta khusus buat anak-anak muda agar memanfaatkan momen seperti ini dengan sebaik-baiknya. GST-MB

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.