Bupati Suwirta Minta KUD Jaya Werdi Berani Buat Pasar Modern

Metro Bali
single-image

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM, dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, I Wayan Ardiasa menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Unit Desa (KUD) Jaya Werdi Tahun Buku 2019 di Balai Banjar Adat Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Rabu, (29/1/2020).

Klungkung (Metrobali.com)- 

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM, dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, I Wayan Ardiasa menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Unit Desa (KUD) Jaya Werdi Tahun Buku 2019 di Balai Banjar Adat Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Rabu, (29/1/2020). Turut hadir dalam RAT tersebut Ketua Dekopinda Kabupaten Klungkung, Ngakan Made Nata, Camat Banjarangkan, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya serta seluruh anggota KUD Jaya Werdi.

Ketua KUD Jaya Werdi, Made Santra mengatakan, jumlah anggota KUD Jaya Werdi untuk tahun 2019 sebanyak 1.694 orang terdiri dari 1.116 orang di Desa Takmung, 460 orang di Desa Tihingan dan lain-lain desa 118 orang. Untuk tahun 2019 jumlah anggota mengalami perubahan jumlahnya 1.694 ada penambahan anggota 2 orang.

Adapun Perolehan Sisa Hasil Usaha Kopersi Unit Desa Jaya Werdi untuk tahun buku 2019 adalah sebesar Rp.58.1.17.555,00 mengalami peningkatan SHU sebesar Rp.3.510.030,00 atau sebesar 6,43 persen dlbandingkan dengan tahun lalu dengan perolehan sisa hasil usaha sebesar Rp. 54.607.525,00 Namun masih dibawah dari rencana, dimana untuk tahun 2019 direncanakan SHU sebesar Rp. 60.674.000,00 atau sebesar 5,78 0 persen dibawah rencana.

Pihaknya juga menambahkan Koperasi Unit Desa Jaya Werdi mengelola sembilan unit usaha di bidang penjualan barang dan jasa Usaha Penjualan barang Pupuk, Usaha Penjualan Obat-obatan dan bibit, Usaha Penjualan Barang-barang Konsumsi, Usaha Jasa Penggilingan Gabah (Unit RMU), Usaha jasa sewa alat/kursi, Usaha jasa pungut rekening listrik/air, Usaha Simpan Pinjam, Usaha Penyaluran beras lokal, serta Usaha Mesin Dryer (Pengering Gabar). “Peningkatan permodalan didapatkan dari, Simpanan Pokok anggota, Simpanan Wajib dari anggota serta Bantuan dari Pemerintah,” Ujar Made Santra

Baca Juga :
Tanpa Ijin, PT Adi Jaya Beton di Warning DPRD Buleleng

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyapaikan Terimakasih kepada KUD Jaya Werdi yang sudah melaksanakan RAT tepat waktu. Dirinya juga meminta Koporasi serta KUD harus berani melompat menggunakan konsep modern, harus berani bermain teknologi di era modern ini. Jikalau tidak berani akan dilimbas oleh zaman. “Semua pegawai serta pengurus belum saya lihat dari unsur melenialnya, sehingga cenderung berjalan dengan konsep konvensional”, ujar Bupati Suwirta dihadapan Anggota KUD Jaya Werdi

Bupati suwirta berharap manajeman KUD harus orang-orang melenial dan harus berani membuka diri merekrut generasi muda yang mempunyai kemampuan dibidang ekonomi untuk mengembangkan usaha ini. Pihaknya juga menambahkan program unggulan Bima Juara harus dikawal dengan baik.

“Manfaatkan teknologi dengan baik KUD tidak sebatas menjual beras dan simpan pinjam. KUD harus berani buat pasar modern” Tegas Bupati Suwirta .

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.