Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bupati Giri Prasta Mendem Pedagingan di Pura Desa Puseh Sobangan

Metro Bali
single-image

Bupati Giri Prasta hadiri upacara Mendem Pedagingan, Karya Agung Memungkah, Ngenteg Linggih, Ngusaba Desa lan Ngusaba Nini, Menawa Ratna, Tawur Balik Sumpah Utama, Pura Puseh lan Pura Desa, Desa Adat Sobangan, Minggu ( 21/7 )

Mangupura, (Metrobali.com)-

Krama Desa Adat Sobangan, Kecamatan Mengwi, Minggu (21/7) kemarin, melaksanakan Karya Agung Mamungkah, Ngenteg Linggih, Ngusaba Desa, Ngusaba Nini, Menawa Ratna, Tawur Balik Sumpah Utama serangkaian telah rampungnya pembangunan serta perbaikan beberapa pelinggih di Pura Desa dan Puseh Desa Adat Sobagan. Karya ini mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Badung melalui dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp 1,8 Milliar lebih.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta hadir dalam rangakaian karya tersebut dan berkesempatan melaksanakan prosesi mendem pedagingan di salah satu pelinggih lanjut mesimakrama dengan pengempon desa adat Sobangan. Turut hadir Penglingsir Puri Agung Mengwi A.A Gde Agung, Anggota DPRD Provinsi Bali I Nyoman Laka, Direktur PDAM Tirta Mangutama I Ketut Golak, Kasi Trantib mewakili Camat Mengwi Ida Bagus Suryana, Perbekel Desa Sobangan I Ketut Tirtayasa, Tokoh masyarakat Ni Luh Pt Gede Rara Hita Sukma Dewi yang juga Anggota DPRD Badung Terpilih, serta Tokoh Masyarakat setempat.

Dalam dharma wecananya Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, mengajak masyarakat untuk bersatu dalam melaksanakan kegiatan di masyarakat. “Dengan bersatu, setengah perjuangan akan berhasil. Ini juga menjadi salah satu keberhasilan seorang Pemimpin ketika bisa menyatukan sasyarakatnya,” tegasnya.

Disampaikan, Pemkab Badung ikut serta dalam Upacara Piodalan ini serta memberikan bantuan upakara sebesar Rp 1,8 Miliar lebih. Pemkab Badung komit membantu dan meringankan beban masyarakat, baik kebutuhan pribadi masyarakat Badung seperti Kesehatan, Pendidikan Gratis, PBB Gratis, serta kebutuhan komunal masyarakat seperti pengeluaran (peson- peson) Upakara, Upacara, Perbaikan Pura, Balai Banjar dan lainnya. Agar masyarakat tidak terlalu dibebani dalam melaksanakan upacara besar seperti ini, maka dari itu Pemkab Badung sangat komit dan akan selalu hadir di tengah- tengah masyarakat. Selain itu untuk lansia usia diatas 72 tahun, Pemangku Kayangan Tiga, Prajapati dan Sulinggih yang ada di kabupaten Badung diberi Gaji/santunan oleh Pemkab Badung. “Kami harapkan ekonomi masyarakat Badung meningkat dan astungkara kemiskinan akan turun hingga nol persen,” jelasnya.

Baca Juga :
15.000 warga baru AS rayakan hari kemerdekaan

Ketua Panitia Karya I Made Oka Suarya, menyampaikan banyak terima kasih kepada bapak bupati badung yang telah membantu karya piodalan di desa Adat Sobangan. “Upacara seperti ini sempat dilaksanakan krama Desa Adat Sobangan pada tahun1952, dan tahun ini kembali dilaksanakan berkat bantuan Bapak Bupati Badung. Hal ini telah membuktikan sangat mendukung kaitannya dengan kelestarian seni, adat, agama dan budaya di Badung,” jelasnya.

Editor : Hana Sutiawati

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.