Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bupati Gde Agung Hadiri Karya Pemelaspas di Pura Taman Beji Dangka Desa Adat Mengwi

Metro Bali
single-image

Mangupura (Metrobali.com)-

Serangkaian telah selesainya perbaikan Pura Taman Beji Dangka, Desa Adat Mengwi, Rabu (19/10) kemarin. Dilaksanakan Karya Pemelaspas lan Mendem Pedagingan yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Ngurah Keniten dari Griya Kediri Sangeh. Hadir juga Bupati Badung A.A Gde Agung, SH, Anggota DPRD Badung Nyoman Satria, Camat Mengwi IB. Oka Dirga, Perbekel Mengwi, Kelian Adat Mengwi serta para tokoh masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Gde Agung didampingi Anggota DPRD Nyoman Satria melaksanakan mendem pedagingan pada salah satu pelinggih Pura, dilanjutkan dengan persembahyangan bersama dengan masyarakat bertujuan memohon kelancaran dalam pelaksanaan yadnya tersebut. Pada kesempatan tersebut juga sebagai bentuk motivasi dan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Badung, Bupati mepunia Rp. 15 juta diikuti dari DPRD Badung sebesar Rp. 5 juta.

Klian Adat Mengwi Ida Bagus Anom melaporkan, Pura Taman Beji Dangka memiliki peran sebagai mata air alami yang disucikan masyarakat sekitarnya dan memiliki beberapa pelinggih difungsikan sebagai pebejian/pesucian dari pura-pura di Mengwi dan melalui perbaikan yang telah dilaksanakan ini diharapkan dapat menanggulangi tergerusnya tanah pada areal menuju ke mata air dangka disamping juga sebagai penataan mata air. Adapun pelaksanaan perbaikan ini dilaksanakan selama tiga bulan dan menghabiskan dana sekitar 150 juta. Lebih lanjut dikatakan, mengingat sempitnya areal sisi pura beji untuk menampung masyarakat, kedepannya juga direncanakan perluasan di areal ini dengan menggunakan tanah milik masyarakat dan masyarakat pun rela memberikan sebagian tanahnya secara sukarela.

Bagikan :
Baca Juga :
Industri Plastik Mendapat Tanggungan BEA Masuk Terbesar

Leave a Comment

Your email address will not be published.