Bupati Gde Agung Dukung World Hindu Summit II 2013

Metro Bali
single-image

Mangupura (Metrobali.com)-

Pertemuan para tokoh hindu se-dunia kembali digelar di Bali. World Hindu Summit II tahun 2013 akan digelar pada tanggal 13 hingga 16 Juni mendatang. Terkait pelaksanaan event berskala internasional tersebut, Bupati Badung A.A. Gde Agung siap mendukung penyelenggaraan World Hindu Summit II, terlebih Kabupaten Badung khususnya Pura Taman Ayun akan dijadikan obyek kunjungan para delegasi sekaligus acara penutupannya.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Gde Agung saat menerima panitia World Hindu Summit (WHS) di Puspem Badung, Kamis (4/4) kemarin. Panitia WHS yang hadir diantaranya; Prof. I Made Bakta selaku Ketua Working Committee World Hindu Parisad didampngi Gusti Ngr. Rai Surya Wijaya, Pradnya Sudibya, I Nyoman Mertha, I Gede Muliartha, I Wayan Joni Artha, Dr. Gede Made Sadguna serta I Made Suasti Puja.

Lebih lanjut Bupati Gde Agung menilai pelaksanaan World Hindu Summit yang didalamnya mengagendakan pengesahan World Hindu Parisad dan World Hindu Centre tersebut amat sangat strategis dalam upaya menyatukan umat sedharma baik umat hindu Bali, Indonesia maupun dunia. Bupati mengharapkan penyelenggaraan WHS ini dapat berjalan dengan baik sekaligus  menghasilkan sebuah keputusan yang baik dan universal. Mengingat pentingnya acara tersebut, Bupati juga mengharapkan kepada panita agar betul-betul diorganaisir dengan baik mulai dari penyambutan, jamuan, tata tempat termasuk acara mengikuti kaedah-kaedah yang menyuguhkan harminisasi sebagaimana mestinya. Selain itu Bupati juga menyampaikan apresiasi, karena Pura Taman Ayun dipilih sebagai obyek kunjungan. Apalagi Pura Taman Ayun telah menjadi salah satu bagian dari Warisan Budaya Dunia dan Presiden India pun pernah sembahyang di Pura Taman Ayun.

            Sementara itu Ketua Working Committee World Hindu Parasad, Prof I Made Bakta melaporkan, World Hindu Summit tahun 2012 lalu telah menghasilkan Bali Charter (Piagam Bali). Sebagai tindaklanjut dari mandat bali charter, maka di tahun 2013 akan dilaksanakan secara serentak beberapa pertemuan yang pokok tujuannya adalah pendirian World Hindu Parisad dan implementing organnya yaitu World Hindu Centre. Pertemuan tokoh hindu dunia ini pelaksanaannya akan disenergikan dengan pelaksanaan Pesta Kesenian Bali ke-36 yang nantinya dibuka oleh Presiden RI sekaligus meresmikan berdirinya World Hindu Parisad dan World Hindu Centre. “World Hindu Summit II akan diikuti sebanyak 175 peserta, dimana pembukaannya kami rencanakan bertempat di Pura Samuan Tiga dan pelaksanaan pertemuan di Ksiarnawa dan ISI Denpasar,” tambahnya.  PUT-MB

Baca Juga :
KPK dukung komposisi anggota panitia seleksi

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.