Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Buka Musrenbang, Bupati Candra Bikin SKPD Gelagapan

Metro Bali
single-image

Klungkung ( Metrobali.com )-

Jadwal Musrenbang di Kabupaten Klungkung yang dijadwalkan Rabu ( 20/3 ) karena ditinggal kunjungan ke Nusa Penida akhirnya pada Jumat ( 22/3 ) dibuka. Namun ada hal yang menarik saat pembukaan Musrenbang tersebut.  Bupati I Wayan Candra baru kali ini hadir lebih awal alias tepat waktu. Acara pembukaan di ruang rapat Praja Mandala tersebut banyak pemimpin SKPD belum datang dan malah ada yang terlambat datang. Cukup lama juga Bupati Candra menunggu bawahannya. Hal ini pun sempat disinggung saat Bupati Candra membuka Musrenbang.

Hadir dalam pembukaan Musrenbang ini Wakil Bupati Tjokorda Gede Agung, Sekda Klungkung, Ketut Janapria. perwakilan Bappeda Provinsi Bali dan Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Klungkung, Nyoman Mudarta.

Sementara PLT Kepla Bapeda Kabupaten Klungkung, Nyoman Mudarta dalam kesempati itu menyampaikan perlunya Musrenbang karena Amanat Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permendagri No. 54 tahun 2010 tentang pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan, tatacara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah, mewajibkan setiap daerah melaksanakan Musrenbang dalam rangka menyusun dokumen perencanaan yang disebut Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Menurut Mudarta, Musrenbang RKPD tahun 2014 mempunyai tujuan mendapatkan masukan untuk penyempurnaan RKPD berupa kegiatan dan prioritas pembangunan serta flapon/pagu dana. Musrenbang yang dilaksanakan selama dua hari ini dapat mengakomodasi berbagai kepentingan dan kebutuhan masyarakat secara luas dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, ujar Mudarta.

Sementara Bupati I Wayan Candra dalam sambutannya mengatakan Musrenbang ini mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat strategis dan penting dalam rangka meningkatkan konsistensi dan sinkronisasi kebijakan, program dan kegiatan pembangunan. Hal ini diperlukan mengingat Musrenbang berfungsi sebagai forum untuk menghasilkan kesepakatan antara pelaku pembangunan terhadap rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah yang menitik beratkan pada pembahasan untuk sinkronisasi rencana kerja antara satuan kerja perangkat daerah. “Melalui Musrenbang ini dapat mengakomodir seluruh kepentingan masyarakat,”ujar Bupati Candra. SUS-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Warga Jepang Ditemukan Terbujur Kaku di Perairan Nusa Penida
1 Comment
  1. Avatar
    bali 7 years ago
    Reply

    Kok tumben tpat waktu tp bgus meskipun sdh mw berakhir msa jabatan yg penting semangat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.