Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

BPPD Badung Gebrak Pasar Pariwisata Switzerland, Konsep Desa Wisata Tarik Perhatian

Metro Bali
single-image

Keterangan foto: BPPD Badung melakukan table top pada Sales Mission 5 Maret 2019 di kota Zurich, Switzerland dan kemudian dilanjutkan dengan mengikuti acara tahunan ITB Berlin di Jerman selama tiga hari penuh mulai tanggal 6 hingga 8 Maret 2019/MB

Switzerland (Metrobali.com) –

Badung melalui Badan Proposi Pariwisata Daerah (BPPD) kembali melakukan Sales Mission 2019 di negara Eropa, yang merupakan Pra-Event Sales Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin 2019.

Delegasi Badung yang terdiri atas para Industri, perwakilan asosiasi dan team BPPD Badung, pada Sales Mission kali ini melakukan table top pada tanggal 5 Maret 2019 tepatnya di kota Zurich, Switzerland dan kemudian dilanjutkan dengan mengikuti acara tahunan ITB Berlin di Jerman selama tiga hari penuh mulai tanggal 6 hingga 8 Maret 2019.

Ketua BPPD Badung, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya, SE., MBA., mengungkapkan Switzerland dipilih sebagai target sales mission tahun ini dikarenakan, negara ini termasuk pasar klasik yang memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat berkontribusi pada pencapain kunjungan pada tahun 2019.

“Negara Switzerland selain sudah menjalin kerja sama yang baik dengan Indonesia pada bidang Ekspor dan Impor, juga telah berkontribusi sekitar 1,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2018 dan diharapkan dapat meningkat dan mencapai 2 juta wisman pada tahun 2019,” ungkap Rai Suryawijaya.

Pasar Eropa, tambahnya, merupakan pangsa yang sangat tepat untuk dikembangkan dan bahkan diperkuat di Bali. Selain memiliki bargaining power yang tinggi, juga rata rata length of stay wisman Eropa bisa mencapai  7 hingga 10 malam. Hal ini akan sangat memberikan dampak multiplier effect yang positif untuk Pariwisata Bali yang berkiblat pada quality tourism.

Usaha yang dilakukan ini harus juga mendapatkan komitment dari para stakeholder pariwisata di Bali jika ingin mengelola pasar Eropa dengan baik. Salah satunya adalah tentang standarisasi safety and procedures yang dimiliki setiap property.

Baca Juga :
Bupati Nyoman Suwirta Menghadiri Pelantikan Pengurus Sekaa Truna se-Desa Akah, Karang Taruna dan TPST

Pasar Eropa sangat sensitif terhadap standar safety and procedures, sehingga kondisi ini harus dipersiapkan dengan baik dan matang. Tidak saja untuk akomodasi, namun juga pada pelaku pariwisata lainnya seperti jasa transportasi, jasa travel agent, guide, watersport.

“Termasuk destinasi yang ada baik menyangkut standar, kelayakan dan keamanan setiap produk, pelayanan dan pengelolaannya,” tegas Rai Suryawijaya

Pada Sales Mission di Switzerland, BPPD Badung bekerja sama dengan Singapore Airlines, yang mana peserta Table Top terdiri dari 47 perwakilan Top Wholeseller di Switzerland, 3 perwakilan dari Singapore Airlines, 5 Team dari BPPD Badung, dan 12 perwakilan industry pariwisata Bali.

Pada kesempatan ini, Senior Key Account Manager Singapore Airline di Zurich, Mr. Marcel Bachmann sangat mengapresiasi acara Sales Mission Erurope 2019, yang dilangsungkan di Zurich. Sebab akan memberikan peluang yang besar untuk memperkenalkan lebih baik lagi pulau terbaik di dunia “Bali” pada masyarakat Eropa pada umumnya dan khususnya Switzerland, dan tentunya Singapore Airlines akan mendukung kegiatan promosi ini.

Rai Suryawijaya pada welcoming speechnya, menyampaikan bahwa Bali sangat aman untuk dikunjungi dan mengharapkan kerjasamanya dalam merekomendasikan Bali sebagai destinasi prioritas bagi warga Eropa, terutama Switzerland. Bali yang memiliki kekayaan budaya dan tradisi tentunya menjadi daya tarik yang dicari wisatawan Eropa.

Apa lagi sejarah Bali mencatat bahwa hubungan Eropa dan Bali sudah terjalin sejak dulu dalam bidang pariwisata, salah satunya adalah tokoh Eropa Michel Picard yang membranding Bali sebagai pulau Paradise dan brand ini masih melekat hingga saat ini, maka dari itu hubungan kedua negara harus kita jaga dengan baik.

Konsep Desa Wisata Badung Jadi Perhatian

Dalam acara Table Top di Zurich, Herdy Sayoga selaku Wakil Ketua BPPD Badung juga memaparkan mengenai destinasi update di Bali terutama di Kabupaten Badung. Konsep Desa Wisata yang menggunakan tagline “Living with the Local” mendapatkan perhatian yang serius dari Travel Agent yang mengikuti acara Table Top.

Baca Juga :
Faktor Cemburu : Angka Penceraian di Penyaringan Tinggi

Dalam kesempatan ini disampaikan bahwa Bupati Badung, Bapak I Nyoman Giri Prasta, S.Sos., yang lagi gencarnya mempersiapkan 5 Desa Wisata baru di tahun 2020 dengan konsep Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) yaitu menyeluruh dan terpola.

Hal ini tentunya akan memberikan pengalaman yang menarik untuk wisatawan yang mencari “Experience” yang autentik. Konsep ini juga akan memperkuat ekonomi kerakyatan, dimana masyarakat dapat terlibat langsung sebagai shareholder dari pariwisata tersebut.

Dalam Sales Mission Eropa 2019, juga diikuti oleh perwakilan Asosiasi, Ricky Darmika, CHA selaku ketua Bali Hotel Association, Yoga Iswara, BBA., BBM., MM., CHA sebagai perwakilan PHRI Badung, Team BPPD Badung yaitu; Herdy Sayoga dan Jaya Ishwari DipHRMgt., SST.Par., MMgt., serta gabungan industri pariwisata dari Bali.

Setelah sehari melakukan Sales Mission di Switzerland, rombongan akan bertolak ke Jerman untuk mengikuti acara promosi akbar tahunan ITB Berlin yang juga dihadiri langsung oleh Mentri Pariwisata Indonesia, Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc.

Pewarta: Widana Daud
Editor: Hana Sutiawati

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.