Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

BMPD Siapkan 10 Ribu Pohon Untuk Warga

Bagus
single-image

Makassar, (Metrobali.com) –

Ketua Badan Musyawarah Daerah Perbankan (BMDP) Sulawesi Selatan Suhaedi mengatakan, pihaknya menyiapkan 10 ribu pohon untuk mendukung program Ruang Terbuka Hijau di Kota Makassar.

“Pohon yang akan dibagikan pada warga Kota Makassar yang tersebar pada 14 kecamatan berasal dari sumbangan 46 bank yang tergabung dalam BMPD Sulsel,” kata Suhaedi yang juga Kepala Perwakilan Bank Indonesia di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, pihak perbankan yang mengembangkan tiga prinsip yakni “profit, planet dan people” (keuntungan, planet dan masyarakat) dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Kepedulian terhadap prinsip kedua dan ketiga itu, lanjut dia, menggerakkan pelaku perbankan mengandeng pihak Kodam VII/ Wirabuana dan Pemerintah Kota Makassar untuk melakukan gerakan penanaman pohon yang berbuah yakni mangga harum manis dan rambutan Aceh.

Menurut dia, dengan penanaman pohon itu, selain dapat mendukung target Ruang Terbuka Hijau (RTH) 30 persen di wilayah perkotaan, juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi penanamnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Perbankan Menanam Andi Onny Tenri Gappa mengatakan, gerakan menanam pohon itu merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan program.

“Kami berharap kegiatan ini akan menjadi percontohan untuk selanjutnya juga dilakukan daerah lainnya di Sulsel dan Indonesia,” ujarnya.

Sementara pohon bersertifikasi yang akan dibagikan pada warga untuk ditanam di halaman rumahnya, diakui merupakan pohon okulasi sehingga hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 tahun hingga dua tahun, pohon tersebut sudah dapat berbuah. Aksi penanaman pohon yang akan dilakukan sekitar 600 personil dari pihak Pemkot dan Babinsa, serta 500 personil pelaku perbankan pada Sabtu (27/9). Sementara pembukaan kegiatan itu dilakukan di depan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Makassar.

Upaya untuk meraih predikat “green city” (kota hijau) menjadi tuntutan kota-kota di dunia, termasuk Kota Makassar yang RTHnya baru mencapai sembilan persen dari target RTH 30 persen (RTH publik 20 persen dan RTH privat 10 persen).

(Ant) –

 

Bagikan :
Baca Juga :
IHSG Jumat Ditutup Melemah 30,91 Poin

Leave a Comment

Your email address will not be published.