Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bersatu Lawan Corona, PSI Tabanan Door to Door Bagikan 3 Ribu Botol Desinfektan ke Masyarakat

Metro Bali
single-image

Foto: DPD PSI  Kabupaten Tabanan membagikan 3.000 botol cairan desinfektan ke masyarakat Tabanan untuk pencegahan virus Corona atau Covid-19.

Tabanan (Metrobali.com)-

Dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang saat ini menjadi tragedi kemanusiaan dunia, Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia (DPD PSI) Kabupaten Tabanan melakukan pola pencegahan dengan membagikan 3.000 botol berisikan cairan desinfektan kepada masyarakat Tabanan.

Ketua DPD PSI Tabanan, I Gede Putu Adhi Putera Negara menyebutkan ini merupakan gerakan mencegah sekaligus mengedukasi masyarakat dalam menghadapi virus yang menyebar sangat cepat ini.

“Kami membuat desinfektan dan memasukkan ke dalam botol 600 ml untuk diberikan ke rumah-rumah warga. Sekaligus memberikan informasi untuk melakukan physical distancing dan pola hidup bersih sehat,” ungkap Adhi.

Pengurus dan kader PSI se-Tabanan membuat larutan desinfektan secara mandiri sesuai standar yang telah diberikan WHO yaitu mencampur klorin dengan air suling.

Selanjutnya dibantu oleh pengurus DPC PSI se Kabupaten Tabanan, desinfektan ini di distribusikan di beberapa kecamatan di Kabupaten Tabanan masing-masing 500 botol. Diantaranya Kecamatan Marga, Kediri, Tabanan , Selemadeg, dan Baturiti.

Selain diberikan secara gratis langsung door to door ke masyarakat, PSI juga berkoordinasi dengan kepala lingkungan atau kelian banjar setempat dalam pendistribusian cairan desinfektan ini.

Menurut Adhi, memberikan desinfektan langsung kepada masyarakat dari rumah ke rumah merupakan salah satu cara yang efektif selain memberikan edukasi.

Pihaknya menilai, desinfektan justru sangat dibutuhkan terutama untuk barang rumah tangga yang sering disentuh seperti gagang pintu, kursi, meja dan lainnya.

“Menurut kami ini lebih efektif daripada hanya di semprotkan di jalan karena virus justru menempel pada benda-benda yang sering disentuh seperti tempat duduk, meja dan lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga :
Pasien ODGJ bisa sembuh dengan bantuan keluarga

Pemberian desinfektan ini akan dilakukan secara berkala. Masyarakat dapat membawa wadah sendiri dan mengisi ulang di kantor DPD PSI Tabanan atau menghubungi pengurus DPC atau simpatisan PSI di masing-masing kecamatan untuk dibantu mengisi ulang.

Menurut Adhi, membersihkan lingkungan rumah dengan desinfektan ini tidak dapat dilakukan sekali, melainkan berkala dan dibarengi dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta menjaga imunitas tubuh.

“Nanti masyarakat bisa me-refill ulang jika desinfektan sudah habis. Kami menyiapkan Drum besar contohnya seperti di Desa Soka untuk masyarakat bisa datang dan refill dengan wadah sendiri,” terangnya.

Selain memberikan desinfektan botol, PSI Tabanan bersama relawan juga melakukan penyemprotan desinfektan di beberapa kawasan di kecamatan Tabanan.

Gerakan kecil PSI Tabanan ini menurut Adhi diharapkan dapat menjadi awal untuk mencegah merebaknya virus Covid-19. Serta memberikan informasi kepada masyarakat agar tetap waspada dan tidak panik.

“Harapannya menjadikan Tabanan bebas Covid-19. Masyarakat agar tidak panik dan tetap tinggal di rumah,” tandasnya. (wid)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.