Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Basarnas Gelar Simulasi Penanggulangan Kecelakaan Pesawat Udara

Metro Bali
single-image

bandar-udara-ngurah-rai-bali-_120810184916-931

Kuta (Metrobali.com)-

Badan SAR Nasional menunjukkan kebolehan kepada ratusan delegasi pertemuan negara yang tergabung dalam sistem “search and rescue” (SAR) berbasis satelit internasional atau Cospas Sarsat melalui simulasi penanggulangan kecelakaan pesawat udara di Pantai Kuta, Bali.

“Kami perlihatkan kepada mereka (delegasi) dalam simulasi untuk melatih petugas apabila terjadi musibah misalnya pesawat jatuh,” kata Direktur Latihan dan Operasi Basarnas, Brigadir Jenderal Tatang Zainudin, di Kuta, Kabupaten Badung, Kamis (19/6).

Menurut dia, simulasi tersebut menggambarkan upaya koordinasi antarinstansi lebih cepat terkait dalam upaya penanggulangan termasuk evakuasi korban.

Dalam simulasi tersebut digambarkan, petugas SAR Denpasar dan Basarnas melakukan upaya evakuasi terhadap penumpang pesawat yang terbakar setelah mendarat darurat di air di sebalah barat landasan pacu Bandar Udara Internasional Ngurah Rai tepatnya di Pantai Kuta.

Satelit Cospas Sarsat menerima sinyal bahaya dari pemancar darurat.

Kantor SAR Denpasar kemudian melakukan koordinasi dengan unsur terkait untuk memberikan bantuan dari udara dan laut.

Dalam simulasi itu dua unit helikopter jenis Dauphin dan Bolkow 105, perahu karet serta ambulance dikerahkan untuk evakuasi penumpang, termasuk dua jetski dari penjaga Pantai Kuta.

Tatang menjelaskan bahwa dalam simulasi itu dibuat semirip mungkin dengan kejadian sesungguhnya mulai dari informasi upaya pesawat mendarat di air hingga terbakar hingga koordinasi sinyal yang ditransmisikan ke pihak-pihak terkait.

“Ini merupakan kesiapan personel dan peralatan karena kami berkewajiban melakukan pertolongan cepat,” ucap Tatang. AN-MBĀ 

Bagikan :
Baca Juga :
Warga Gianyar Dihebohkan Penemuan Mayat di Jembatan Tukad Cangkir

Leave a Comment

Your email address will not be published.