Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Banjar Kayumas Kembali Gelar Lomba Tari Bali

Metro Bali
single-image

Denpasar (Metrobali.com)-

Banjar Kayumas Kaja Denpasar Timur kembali menggelar lomba tari Bali anak-anak memperebutkan piala Wali Kota Denpasar. Kegiatan ini dilaksanakan sangat tepat dalam mengangkat local genius di Denpasar yaitu masalah seni dan budaya Bali. Apalagi Br. Kayumas Kaja berada tidak jauh dari titik nol Kota Denpasar diharapkan mampu sebagai motivator dalam mengembangkan seni budaya Bali. “Pemkot selalu mendukung kegiatan pelestarian seni budaya Bali yang dilaksanakan masyarakatnya,” kata Wawali IGN. Jaya Negara ditemui usai membuka lomba tari Bali anak-anak, Sabtu (24/12) di Banjar Kayumas Kaja.

Dikatakannya dibeberapa banjar maupun sangar tari masyarakat sudah semakin suntuk mengasah diri untuk menguasai tari Bali maupun kesenian lainnnya. Salah satunya Br. Kayumas Kaja memiliki komitmen kuat dalam pelestarian seni budaya Bali. Untuk itu dia berharap kedepan supaya terus dilakukan upaya-upaya pelestarian kesenian Bali terutama dikalangan generasi muda. “Kegiatan sekaa teruna dimasing-masing banjar terus dipacu, sehingga mereka tidak mudah terpengaruh dengan aktivitas negative,” pungkas Jaya Negara.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Tari Bali Nyoman Suardika mengatakan lomba ini sudah menjadi agenda tahunan Br. Kayumas Kaja Denpasar Timur. Even tahunan ini dilaksankan selama dua hari. Adapun tari yang dilombakan 6 jenis yakni tari keyar duduk, baris tunggal, condong dan Margapati untuk kelompok umur 7  – 12 tahun , sedangkan tari jauk keras dan cendrawasih kelompok umur 13 – 15 tahun.

Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang evaluasi bagi sangar-sangar tari serta memberikan anak didik kita kesempatan untuk mengasah kemampuan sehingga menjadi generasi muda yang mampu ikut berperan melestarikan seni budaya Bali. Kegiatan ini diadakan untuk kesembilan kalinya diikuti oleh 140 peserta.

Baca Juga :
Semeton Jokowi Usulkan Putra Putri Terbaik Bali Untuk Kabinet Jokowi-JK

Pembukaan lomba tari Bali anak-anak ini ditandai dengan pemukulan kendang oleh Wawali Jaya Negara. Kegiatan ini dihadiri pula Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara, Kadis Kebudayaan Kota Denpasar I Made Mudra, dan Camat Denpasar Timur I.B Alit.

Oka / Humas Denpasar

Bagikan :
1 Comment
  1. Avatar
    Tour Ke Bali 8 years ago
    Reply

    Lomba2 kayak gini mesti lebih sering diselenggarakan, seperti minggu lalu diadakan di Legian. Smoga bisa membuat anak2 muda lebih mencitai tarian tradisional Bali

Leave a Comment

Your email address will not be published.