Bangkitkan Memory Kolektif Bung Karno Sebagai Bapak Bangsa

Metro Bali
single-image
Peringatan Hari Lahir Bung Karno dan Serasehan 4 Pilar Kebangsaan

 Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Ketua DPRD Badung Putu Parwata membuka Peringatan Lahirnya Pancasila dan bulan Bung Karno tahun 2017

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Ketua DPRD Badung Putu Parwata membuka Peringatan Lahirnya Pancasila dan bulan Bung Karno tahun 2017 di kab badung dan serasehan 4 pilar kebangsaan serta lomba pidato Bung Karno di Wantilan DPRD Badung, Puspem Badung, Kamis (15/6).
Mangupura (Metrobali.com)-
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Peringatan Lahirnya Pancasila dan bulan Bung Karno tahun 2017 di kab badung “membangkitkan memory kolektif bung karno bapak bangsa dan serasehan 4 pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika ) serta lomba pidato Bung Karno di Wantilan DPRD Badung, Puspem Badung, Kamis (15/6). Acara tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Kadisdikpora, Kapolres badung, Dandim 1611/badung, wakil ketua DPD PDIP Propinsi Bali IGN Alit Kalakan, ibu Putu Putri Suastini Koster, anggota Fraksi PDI Perjuangan badung dan jajaran struktural PAC, ranting, tokoh dan pinisepuh se-kab badung. Pembukaan serasehan 4 pilar kebangsaan dan lomba pidato bung karno ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Badung Nyoman Giri Prasta didampingi Ketua DPRD dan ketua panitia.
Ketua panitia Wayan Sandra melaporkan  kegiatan ini terselenggara sebagai bentuk wujud bakti, mensyukuri hari lahirnya Pancasila pada 1 Juni yang sudah dilaksanakan secara resmi melalui upacara bendera. Ini merupakan agenda dan kegiatan yang kuat untuk membumikan ide, gagasan, pemikiran, dan cita-cita bung karno di Bali, khususnya di badung. Dengan mengambil tema “Pancasila jiwa dan kepribadian bangsa membangkitkan memori kolektif bung karno bapak bangsa”. Bung Karno adalah pemimpin yang memiliki sejarah perjuangan sangat panjang, yang berhasil memproklamasikan bangsa indonesia menjadi bangsa yang mardeka dan berdaulat. Bung karno juga mewarisi pemikiran yang sangat fundamental yaitu tri sakti dan juga penggali dasar negara pancasila, ini tentunya menjadi pondasi dan arah tujuan kita dalam membangun di kab badung untuk menjadikan masyarakat badung yang sejahtera, aman dan damai. “Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan bisa menjadi tradisi kebangsaan yang berkelanjutan bagi kita dari generasi ke generasi,” jelasnya. Dalam membumikan ide, gagasan, pemikiran, dan cita-cita bung karno, dilaksanakan kegiatan antara lain apel peringatan 1 Juni sebagai hari lahirnya pancasila, lomba pidato tingkat SD, SMP, SMA/SMK se kab badung. Lomba foto selfie bung karno bagi undangan atau peserta yang hadir, dan pembagian foto dinding bergambar bung karno dengan pilihan kata-kata mutiara sebanyak 1000 buah di sekolah sekolah di seluruh kab badung. Semoga terlaksananya acara ini dapat memperteguh komitmen menjadi Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian bangsa dan membumikan ajaran bapak bangsa kita bung karno.
Bupati Giri Prasta menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan ini dengan baik. Peringatan hari lahir pancasila 1 Juni dan bulan bung karno dengan ini kita sebagai warga bagaimana kita memperteguh jati diri bangsa, oleh karna itu bung karno sebagai bapak bangsa, betul betul menjadi panutan bagi kita semua untuk bagaimana kita bangkit, berbenah. “Membangkitkan memori politik bung karno itu harus ada perubahan dan betul betul ide gagasan pemikiran dan cita cita bung karno ini, bagaimana menjadikan indonesia menjadi indonesia mandiri, itulah yang perlu kita tananamkan sebaik mungkin,” tegasnya.
Ditambahkan,  4 pilar kebangsaan merupakan kesatuan undang undang dasar 1945, Bhinneka, Tunggal Ika, Pancasila begitu juga dengan NKRI. “Kalau ada Kelompok masyarakat yang mengingkari kesepakatan bangsa, kita selalu wajib melakukan pembelaan kepada negara republik indonesia ini, pancasila adalah rumah kita selamanya, pancasila merupakan idiologi indonesia selamanya, itulah maka agar dapat membangkitkan diri sebagai wujud implementasi dari pada pancasila itu sendiri, maka sekali lagi kami memberikan dukungan sepenuhnya kepada anak anak dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK yang dapat mengikuti lomba hari ini. Juara 1 sekaligus sebagai duta badung di tingkat propinsi,” katanya.
Diakhir acara Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyerahkan piala dan penghargaan kepada para pemenang lomba pidato. RED-MB
Bagikan :
Baca Juga :
Dengar Koster Pidato, Hermawan Kertajaya Teringat Bung Karno

Leave a Comment

Your email address will not be published.