Bandara Blimbingsari di Banyuwangi Kembali Dibuka

Metro Bali
single-image

Bandara Blimbingsari di Kabupaten Banyuwangi

Banyuwangi (Metrobali.com)-

Bandara Blimbingsari di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (18/7), kembali dibuka setelah delapan hari ditutup dan tidak beroperasi akibat abu vulkanik Gunung Raung.

“Notam C0577/15 dibuka (open) untuk Bandara Blimbingsari sejak pukul 06.00 WIB,” kata Kepala Bandara Blimbingsari Sigit Widodo di Banyuwangi.

Bandara Blimbingsari ditutup selama sepekan yakni sejak Jumat (10/7) hingga Jumat (17/7) pukul 16.00 WIB berdasarkan “Notice to Airmen” (Notam) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan karena abu vulkanik mengguyur kawasan bandara, sehingga penerbangan komersial baik maskapai Garuda Indonesia maupun Wings Air tidak beroperasi.

“Petugas di bandara sudah membersihkan landasan pacu dan berbagai sarana penunjang yang terpapar abu vulkanik Gunung Raung, sehingga semuanya sudah bersih dari debu vulkanik yang mengguyur bandara beberapa hari lalu,” tuturnya.

Menurutnya, pihak bandara sudah siap sejak beberapa hari lalu, apabila sewaktu-waktu sudah ada rekomendasi untuk kembali beroperasi melayani para pemudik selama masa angkutan Lebaran 2015.

“Selama tiga hari terakhir kawasan bandara bebas dari abu vulkanik dan cuaca cukup cerah. Hari ini, pesawat dari dua maskapai sudah mendarat dengan baik dan keduanya tinggal landas (takeoff) dari Bandara Blimbingsari sesuai dengan jadwal,” paparnya.

Aktivitas penerbangan perdana di bandara yang berada di Kecamatan Rogojampi itu diawali dengan kedatangan pesawat ATR 72-600 berkapasitas 70 orang milik maskapai Garuda Indonesia dari Bandara Juanda Surabaya.

Garuda Indonesia melayani rute penerbangan Surabaya-Banyuwangi-Denpasar PP. Sesuai jadwal, pesawat milik maskapai berpelat merah itu berangkat dari Bandara Juanda Surabaya pada pukul 11.45 WIB dan tiba di Bandara Blimbingsari pukul 12.45 WIB dan kemudian dari Banyuwangi berangkat pukul 15.25 WIB dan tiba di Denpasar pukul 17.25 WITA kecuali Senin dan Jumat.

Baca Juga :
Menteri Agraria : Masalah Lahan PLTU Batang Selesai

Sedangkan dari dari Denpasar berangkat pukul 15.10 WITA dan tiba di Bandara Blimbingsari pukul 14.55 WIB kecuali Senin dan Jumat, kemudian untuk rute Banyuwangi-Surabaya, berangkat dari Bandara Blimbingsari pada pukul 13.15 WIB dan tiba di Bandara Juanda pukul 14.10 WIB.

Sementara jadwal penerbangan maskapai Wings Air berangkat dari Bandara Juanda Surabaya pada pukul 12.00 WIB dan tiba di Bandara Blimbingsari pada pukul 12.50 WIB, sedangkan keberangkatan dari Bandara Blimbingsari pukul 13.15 WIB dan tiba di Bandara Juanda Surabaya pada pukul 14.05 WIB.

“Mudah-mudahan aktivitas Gunung Raung mereda dan tidak lagi mengganggu penerbangan di Bandara Blimbingsari, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan jasa penerbangan untuk arus balik Lebaran 2015,” katanya. AN-MB

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.