Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bagian Besar Pesawat Airasia Ditemukan

Metro Bali
single-image

jenazah penumpang

Jakarta (Metrobali.com)-

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) FH Bambang Soelistyo mengatakan sonar dari kapal tim SAR gabungan berhasil menangkap gambar tiga dimensi (3D) dan dua dimensi (2D) dua objek berukuran besar yang dipastikan bagian dari pesawat AirAsia QZ8501.

“Berdasarkan temuan genangan bahan bakar di permukaan pada Jumat (2/1) malam, tiga kapal yang mempunyai kemampuan deteksi bawah laut terus beroperasi di sektor prioritas. Hasilnya, pukul 23.40 WIB, berhasil dideteksi dua objek cukup besar,” katanya di Jakarta, Sabtu (3/1).

Objek pertama, menurut dia, berdimensi 9.2 x 4.6 x 0.5 meter (dengan 3D) dan objek kedua berdimensi 7.2×0.5 meter (dengan 2D). Kedua objek tersebut ditemukan berdekatan.

Saat ini, ia mengatakan kapal Geo Survey sedang mengupayakan untuk mendapatkan visual dari dua objek yang disebutkan dengan menurunkan remotely operated vehicle (ROV).

Namun, upaya tersebut memang terkendala cuaca dengan gelombang mencapai 2,5 hingga 4 meter.

“Secara tiga dimensi dan dua dimensi memang diketahui dua objek tersebut, kita akan pastikan dengan visual dengan menggunakan ROV. Tapi saya pastikan itu bagian pesawat Air Asia yang kita cari,” kata Soelistyo.

Penemuan dua objek berukuran besar di kedalaman 30 meter di sektor prioritas pencarian badan dan kotak hitam pesawat, ia mengatakan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan atas temuan-temuan sejak hari ke-1 operasi pencarian.

Laporan dari pesawat TNI-AU C130 terkait bayangan yang diduga bagian pesawat yang dicari, ia mengatakan sudah dievaluasi dan dikonfirmasi oleh Basarnas.

Laporan ditindaklanjuti dengan mengirimkan KRI Bung Tomo yang memiliki sonar.

“Pada Jumat (2/1) pukul 07.30 WIB, kapal menemukan signal yang belum terkonfirmasi. Lalu kapal Geo Survey saya perintahkan merapat, hasilnya ditemukan dua objek besar tadi,” ujar dia. AN-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Jelang  PKB  2019, Tim Pawai Kesenian Kota Denpasar Dibina Tim Kesenian Provinsi Bali

Leave a Comment

Your email address will not be published.