Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Badung Gelar Lomba Nyastra Bali: Peringati Bulan Bahasa dan Hari Jadi Ibu Kota Mangupura

Metro Bali
single-image

Mangupura (Metrobli.com)-

Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kebudayaan menyelenggarakan Lomba Nyastra Tingkat Kabupaten Badung. Lomba ini dikaitkan dengan peringatan Bulan Bahasa dan hari jadi Ibu Kota Mangupura yang ke-2 tahun 2011. Lomba dibuka  Kepala Dinas Kebudayaan I.B. Anom Bhasma di Wantilan Gedung DPRD Badung, Rabu (19/10). Turut hadir dalam acara ini Camat se-Kabupaten Badung, Widyasaba Badung diwakili oleh I Ketut Aman, Tim Nyastra Kabupaten Badung I Ketut Sudiasa serta para peserta.

Dalam sambutannya Kadisbud Badung IB. Anom Bhasma mengatakan, dengan pelaksanaan  lomba Nyastra Bali ini diharapkan Budaya Nyastra di Bali umumnya dan Badung khususnya dapat ajeg dan lestari, sehingga bisa menyeimbangkan sekala dan niskala dengan kata lain keseimbangan kebutuhan rohani dan jasmani. Melalui lomba ini juga diharapkan pemerintah bersama masyarakat mampu menjaga dan melestarikan seni dan budaya Bali yang merupakan daya tarik pariwisata. Lebih lanjut dikatakan keberadaan Nyastra di masyarakat dapat digunakan sebagai wahana dalam membangun dan memperbaiki tingkah laku.

Lomba Nyastra Bali diikuti oleh duta dari masing-masing Kecamatan di Kabupaten Badung dimana masing-masing kecamatan mengirim 16 orang duta. Lomba dibagi menjadi beberapa bidang lomba, meliputi : Mececimpedan tingkat SD, Pidato Berbahasa Bali Tingkat SMP, Puisi Bali Modern, Menulis Aksara Bali Tingkat SMP, membuat Prasi, Mesatua Bali Tingkat SD, Sembrama Wacana Tingkat SMA serta Mengarang Cerpen Bali Modern Tingkat SMA. Juri yang menilai lomba diambil dari tokoh sastra dan seniman Badung.  Sementara para Juara akan mendapatkan piala dan penghargaaan dan sekaligus sebagai duta Kab. Badung dalam lomba nyastra tingkat Provinsi Bali.

 

 

Bagikan :
Baca Juga :
Reklamasi Teluk Jakarta acuan menteri koordinator maritim baru
1 Comment
  1. Avatar
    Meisa dewi 6 years ago
    Reply

    Bagaimana cara daftarnya? Melalui sekolah atau pribadi?

Leave a Comment

Your email address will not be published.