Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Badung Gelar Bintek Penguatan Kelurahan Menjadi SKPD

Metro Bali
single-image

Mangupura (Metrobali.com)-

Pemerintah Kabupaten Badung menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Penguatan Kelurahan Menjadi SKPD, Senin (17/10) kemarin. Bintek yang diikuti 112 peserta dari aparat kelurahan tersebut dibuka Asisten Administrasi Umum Kabupaten Badung I Made Wira Dharmajaya, SH. MM. didampingi anggota DPRD Badung I Wayan Tana, SH, di Hotel Batukaru.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintahan Desa Drs. Putu Gede Sridana, M.Si melaporkan, digelarnya diklat ini untuk meningkatkan kapasitas kelurahan secara kelembagaan sebagai suatu satuan kerja perangkat daerah dan meningkatkan kinerja aparat kelurahan. Bintek bertujuan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan aparat kelurahan sehingga mendapat gambaran mengenai pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di kelurahan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pelaksanaan Bintek dibagi menjadi dua angkatan berlangsung hingga 22 Oktober mendatang. Sedangkan tenaga pengajar diambil dari tenaga dilingkungan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia yang berkompeten dibidangnya dan dari SKPD dilingkungan Pemkab Badung.

Sementara Bupati Badung dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Made Wira Dharmajaya menekankan, bahwa meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap berbagai aspek pelayanan publik, mewajibkan aparat pemerintah untuk terus mengisi diri meningkatkan kapasitas agar senantiasa bertindak proaktif dalam merespon berbagai persoalan yang terjadi. Dalam konteks itulah, aparat kelurahan memiliki peran yang amat penting selaku garda terdepan terhadap penanganan masalah-masalah pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di wilayah masing-masing. Disadari memang pemerintahan kelurahan merupakan muara dari berbagai informasi tentang kondisi-kondisi terkini di masyarakat. Untuk itu, komunikasi dan koordinasi secara berjenjang perlu terus dibina dan ditingkatkan, sehingga pelaksanaan tugas dan kewajiban di masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Bagikan :
Baca Juga :
Wartawan ASEAN Tanam Mangrove di Teluk Benoa

Leave a Comment

Your email address will not be published.