Atasi Banjir Tembles, Saluran Dirombak Total

Metro Bali
single-image

Jembrana (Metrobali.com)-

Warga Banjar Tembles, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, yang setiap hujan deras selalu kebanjiran, tahun depan baru bisa tersenyum. Pasalnya saluran yang diduga menjadi biang kerok penyebab banjir, tahun 2014 depan akan dirombak total oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Jembrana.

Kadis PU Jembrana I GP Mertadana, saat dikonfirmasi mengatakan setelah pihaknya melakukan pengecekan langsung ke lokasi banjir di Banjar Tembles, ternyata penyebab utamanya lantaran saluran air tidak normal. “Ada saluran yang tersendat, sehingga air jadi meluap ke jalan” ujar Mertadana, Minggu (1/12).

Untuk mengatasi hal tersebut, Mertadana mengaku akan melakukan pemecahan arus aliran air.  Air yang mengalir ke arah barat, menurutnya sebagiannya akan dialihkan ke arah selatan. Dengan harapan  penumpukan air di lokasi banjir itu tidak akan terjadi lagi. “Nanti aliran airnya kita pecah, karena volume air disana cukup tinggi” ujarnya. 

Saat ditanya masalah biaya perbaikan, Mertadana mangaku belum bisa memastikan. Menurutnya pihaknya masih melakukan kajian untuk menentukan nilai anggarannya. Namun yang pasti perbaikan itu akan dilakukan pada tahun depan melalui anggaran di APBD Induk 2014.  “Kami kaji dulu, setelah selesai kajian baru tahu berapa besaran biayanya” pungkasnya. MT-MB

 

Bagikan :
Baca Juga :
BNPB : 120.966 Warga Aceh Mengungsi Akibat Banjir

Leave a Comment

Your email address will not be published.